Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Yuwinda, Frisca and Napitupulu, E.Elvis (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan bernalar kritis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui dampak model NHT terhadap keterampilan tersebut. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Tanjung Morawa tahun ajaran 2024/2025 dengan metode quasi eksperimen. Sampel terdiri dari 72 siswa kelas VIII, dengan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah 3 soal uraian. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung (7,472) > ttabel (1,667), sehingga dapat disimpulkan bahwa model NHT secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan bernalar kritis matematis siswa dibandingkan model konvensional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Berpikir Kritis Matematis; Model Pembelajaran NHT; Numbered Head Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Nov 2025 09:35
Last Modified: 25 Nov 2025 09:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65602

Actions (login required)

View Item
View Item