Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar yang Dibelajarkan dengan Model PBM

Sinaga, Alda Putri and Simanullang, Michael Christian (2024) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar yang Dibelajarkan dengan Model PBM. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa kelas VIII SMP dalam memecahkan masalah, ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian terdiri dari sembilan siswa, masing-masing tiga siswa untuk setiap gaya belajar. Metode pengumpulan data mencakup penggunaan kuesioner, observasi, jurnal harian, tes, dan wawancara. Triangulasi data diterapkan guna menjamin konsistensi data yang diperoleh. Hasil riset mengindikasikan bahwa: 1) siswa dengan preferensi belajar visual dapat memahami, merancang, serta melaksanakan strategi pemecahan masalah. Mereka lebih cenderung menggunakan ilustrasi dalam proses penyelesaian, tetapi masih kurang teliti saat mengecek kembali hasil yang telah diperoleh. 2) Siswa dengan preferensi belajar auditori dapat memahami dan merancang strategi dengan baik, tetapi masih melakukan kesalahan saat menerapkannya. Siswa juga belum mampu mencocokkan jawaban dengan informasi pada soal. 3) Siswa dengan preferensi belajar kinestetik dapat memahami masalah, membuat rencana dan menyelesaikannya. Selain itu, siswa cukup kompeten dalam memverifikasi hasil dari upaya pemecahan masalahnya. Perbedaan dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergantung pada gaya belajar, mengindikasikan bahwa guru perlu mempertimbangkan gaya belajar ini ketika menerapkan proses pendidikan untuk mendorong pembelajaran aktif di antara para siswa dan meningkatkan kemampuan matematika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Gaya Belajar VAK; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Nov 2025 05:15
Last Modified: 25 Nov 2025 05:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65595

Actions (login required)

View Item
View Item