Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Aplikasi Desmos untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA

Elfani, Elia (2024) Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Aplikasi Desmos untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan aplikasi Desmos dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMA Al-Ulum Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diterapkan pembelajaran kontekstual berbantuan Desmos, dan kelompok kontrol diterapkan pembelajaran kontekstual tanpa berbantuan Desmos. Instrumen yang digunakan adalah tes komunikasi matematis dan lembar observasi. Hail penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Kontekstual berbantuan aplikasi Desmos dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa secara signifikan. Hal ini terlihat dari perbedaan nilai yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, serta peningkatan keterampilan komunikasi matematis siswa dalam mendiskusikan dan memecahkan masalah matematika secara lebih efektif. Berdasarkan temuan tersebut, pembelajaran kontekstual berbantuan Desmos dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Aplikasi Desmos; Komunikasi Matematis; Pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Nov 2025 05:08
Last Modified: 25 Nov 2025 05:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65593

Actions (login required)

View Item
View Item