Pengembangan E-Modul Berbasis Smart Apps Creator 3 untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs

Zain, Dina and Kairuddin (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Smart Apps Creator 3 untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran dalam bentuk elektronik berbasis Smart Apps Creator 3 yang bersifat valid, praktis, efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RND) dengan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara, observasi, angket dan tes dengan sampelnya adalah kelas VIII A yang berjumlah 28 orang peserta didik. Hasil penelitian diperoleh nilai kevalidan e-modul dari ahli materi dan media yaitu 3,28 dan 3,39 dengan kategori sangat layak. Kepraktisan e- modul melalui hasil angket respon guru dan peserta didik diperoleh nilai 91,67% dan 81,55% dengan kategori sangat praktis. Kemudian nilai keefektifan e-modul dilihat melalui beberapa aspek yaitu ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal dengan nilai 82,14%, ketercapaian indikator/tujuan pembelajaran mengalami peningkatan, waktu yang digunakan tidak melebihi waktu pembelajaran biasa dan respon positif peserta didik dengan persentase 80,96%. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berada pada persentase 79,46% dengan kategori tinggi, sedangkan berdasarkan nilai N Gain nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik 0,56 yang artinya terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, dan efektif, serta mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: E-modul, Smart Apps Crator 3, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Nov 2025 04:35
Last Modified: 25 Nov 2025 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65588

Actions (login required)

View Item
View Item