Cindey, T. Adinda Maharani and Hasratuddin (2024) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Islam Al-Fadhli. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika murid berdasarkan nilai ujian semester genap tahun ajaran 2023/2024, sehingga diperlukan evaluasi dan perbaikan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika murid kelas VII-1 SMP Islam Al Fadhli melalui metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & McTaggart, dengan subjek penelitian sebanyak 20 murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT efektif meningkatkan hasil belajar murid, dengan nilai rata-rata kelas meningkat dari 70,4 (kesuksesan 50%) pada tahap I menjadi 85,9 (kesuksesan 85%) pada tahap II. Observasi pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari kategori "Baik" dengan nilai 81,9 pada tahap I menjadi "Sangat Baik" dengan nilai 89,8 pada tahap II. Kesimpulannya, metode TGT efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika, sehingga disarankan agar guru lebih sering menerapkannya dan murid lebih aktif berpartisipasi.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | Pelajaran Kooperatif, TGT, Hasil belajar, Matematika, Penelitian Tindakan Kelas |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 04:24 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 04:24 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65587 |
