Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X dengan Pembelajaran Berbasis Proyek Kolaboratif Berbantuan Media Canva

Saragih, Grecia Pratiwi (2024) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X dengan Pembelajaran Berbasis Proyek Kolaboratif Berbantuan Media Canva. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu aspek terpenting dalam belajar matematika adalah memiliki kemampuan komunikasi matematis, yang mencakup kemampuan untuk mengartikulasikan ide-ide matematika baik secara lisan maupun tertulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran berbasis proyek kolaboratif berbantuan media Canva dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas X. Dikenal sebagai penelitian tindakan kelas, penelitian ini mengikuti model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tiga puluh lima siswa dari kelas X-E menjadi subjek penelitian. Untuk menentukan tingkat awal keterampilan komunikasi matematika peserta didik, tes kemampuan komunikasi matematika diberikan pada awal proyek penelitian ini. Setelah pemberian tindakan diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik meningkat dari 64,04 dengan 15 peserta didik memperoleh nilai ≥70 pada siklus I menjadi 79,76 dengan disiklus II, 30 peserta didik memperoleh nilai ≥70. Berdasarkan analisis penelitian, kelas X–E T.A 2023/2024 di SMA Negeri 1 Batang Kuis Jalan Pendidikan, Kecamatan Paya Gambar, Kabupaten Deli Serdang, dapat memanfaatkan paradigma pembelajaran Proyek Kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang didukung media Canva pada materi statistika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Canva; Komunikasi matematis; Proyek Kolaboratif; Peningkatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Nov 2025 03:58
Last Modified: 25 Nov 2025 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65586

Actions (login required)

View Item
View Item