Fahreza, Febry (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI NO. 026793 KECAMATAN BINJAI UTARA TAHUN AJARAN 2011/20L2. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313103 COVER.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
108313103 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
108313103 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108313103 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
108313103 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
108313103 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
108313103 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
108313103 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
108313103 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108313103 BAB V.pdf - Published Version
Download (835kB) | Preview
108313103 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class room Action Research) dengan judul Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan menulis karangan/narasi di SD Negeri 026793 Kecamatan Binjai Utara.Adapun fenomena yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah a)Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia disebabkan guru kurang tepat dalam memilih metode. b) Masih banyak siswa yang kurang mampu dalam mengembangkan keterampilan menulis karangan. c) Masih banyak siswa yang kurang mampu menuangkan idenya ke dalam tulisan, menggunakan huruf capital, tanda titik dan tanda koma dalam menulis karangan. d) Metode yang digunakan guru tidak bervariasi hanya seputar ceramah, dan tanya jawab kepada siswa.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No.026793Kecamatan Binjai Utara Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan menulis karangan/narasi di kelas V SDN.026793Kec. Binjai Utara Tahun Ajaran 201112012.Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes objektif, yaitu tes awa1, pos tes siklus I, pos tes sik1us II, Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatankontekstual pada kondisi awal 37,5% (siswa yang tuntas) dengan tingkat hasil yang rendah, menjadi meningkat setelah siklus I dengan nilai 57,5% (siswa yang tuntas) setelah dilanjutkan ke siklus II nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,5% (siswa yang tuntas). Berarti hasil yang diperoleh pada pelaksanaan siklus II sudah meningkat dan sudah mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal.Temyata dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswatermotivasi belajar karena siswa terlibat aktif dalam kegiatan proses pembelajaran. Dengan demikian dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 026793 Kec. Binjai Utara Tahun Ajaran 201112012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Fah m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Bahasa Indonesia; Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6558 |