Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta Didik Autisme melalui Explicit Instruction dengan Media Permainan Edukatif

Agustia, Anjelly (2024) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta Didik Autisme melalui Explicit Instruction dengan Media Permainan Edukatif. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran Explicit Instruction berbantuan alat permainan edukatif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik penyandang autisme. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas VII, dengan metode penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing empat pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematika. Pada tes awal, rata-rata nilai siswa hanya 35 (kategori sangat rendah) tanpa ada yang mencapai ketuntasan. Setelah siklus I, rata-rata meningkat menjadi 54,99, dengan 30% siswa mencapai ketuntasan. Pada siklus II, pemahaman siswa mencapai kategori sangat baik, dengan rata-rata 86,65, dan 90% siswa mencapai ketuntasan. Indeks N-gain sebesar 0,7034 menunjukkan peningkatan yang tinggi. Kesimpulannya, Explicit Instruction dengan alat permainan edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi peserta didik penyandang autisme.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: pemahaman konsep matematika, explicit instruction, alat permainan edukatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Nov 2025 02:13
Last Modified: 25 Nov 2025 02:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65578

Actions (login required)

View Item
View Item