Pembelajaran Aljabar di SMP Dengan Pendekatan Game melalui Metode Drill and Practice dalam Pengembangan Aplikasi Cymath

Lubis, Rina Ardillah and Irvan and Azis, Zainal (2024) Pembelajaran Aljabar di SMP Dengan Pendekatan Game melalui Metode Drill and Practice dalam Pengembangan Aplikasi Cymath. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep aljabar pada siswa SMP melalui pengembangan dan implementasi aplikasi game edukasi bernama Cymath. Aplikasi ini dirancang untuk membuat proses belajar lebih menarik dan motivasional dengan menyediakan berbagai level kesulitan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, serta memberikan umpan balik langsung terhadap jawaban yang diberikan, baik benar maupun salah. Dengan menggunakan metode "drill and practice," siswa dapat berulang kali mengerjakan soal aljabar dalam format yang interaktif, yang memperkuat pemahaman mereka terhadap materi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Sampel terdiri dari 50 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (n=30) yang menggunakan aplikasi Cymath dan kelompok kontrol (n=20) yang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Pengujian analisis data dilakukan menggunakan software SPSS versi.27 menggunakan statistik uji Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk untuk uji normalitas, homogenitas dan uji independent sampel T-test. Berdasarkan hasil uji normalitas, homogenitas uji T-test, diperoleh bahwa data hasil tes dari ketiga kelompok tersebut normal dan homogen dengan rincian Uji Normalitas sebesar 0,381, uji homogenitas sebesar 0,071 dan uji independent sample T-test sebesar 0,011.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Cymath; Game; Metode Drill And Practice; Pembelajaran Aljabar; Pengembangan Aplikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Nov 2025 01:38
Last Modified: 25 Nov 2025 01:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65575

Actions (login required)

View Item
View Item