Studi Literatur: Inovasi Pembelajaran Matematika pada Era Kolaboratif

Tania, Wan Putri (2024) Studi Literatur: Inovasi Pembelajaran Matematika pada Era Kolaboratif. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Artikel ini mengulas mengenai inovasi pembelajaran matematika yang dapat dikembangkan pada era kolaboratif, yang dimana pada era kolaboratif matematika dapat disandingkan dengan berbagai disiplin ilmu, yang ditandai oleh perubahan signifikan dalam metode pengajaran dan interaksi siswa. Melalui studi literatur, penelitian ini mengeksplorasi berbagai pendekatan kolaboratif yang meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Ditemukan bahwa pembelajaran kolaboratif tidak hanya mendorong kerja sama dan komunikasi antar siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman konsep matematis melalui pengalaman praktis. Selain itu, integrasi teknologi dalam pembelajaran matematik memberikan akses yang lebih luas dan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya pelatihan guru dalam menerapkan strategi inovatif dan mengatasi tantangan yang ada. Metode penelitian yang digunakan didalam artikel ini adalah studi literatur yang sistematis dengan menggunakan beberapa penelitian yang relevan dengan inovasi pembelajaran matematika pada era kolaboratif. Pencarian data base yang relevan menggunakan artikel yang diterbitkan pada tahun 2021 hingga Oktober 2024 yang membahas tentang inovasi pembelajaran matematika pada era kolaboratif. Hasilnya menunjukkan bahwa inovasi ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Inovasi Pembelajaran Matematika, Era Kolaboratif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Nov 2025 11:15
Last Modified: 24 Nov 2025 11:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65571

Actions (login required)

View Item
View Item