Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VII Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual

Handari, Indri Sri and Sitompul, Pardomuan (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VII Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan : (1) untuk mengetahui apakah model pengajaran kontekstual efektif dalam mengoptimalkan keterampilan representasi matematis siswa kelas VII-2, (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan tersebut setelah penerapan model pengajaran kontekstual, dan (3) untuk mengetahui tindakan pada saat mengoptimalkan efektivitas kompetensi representasi matematis siswa kelas VII-2. Tiga puluh siswa kelas VII-2 dari Sekolah Menengah Pertama Swasta Panca Budi Medan berpartisipasi dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Dokumentasi, tes, dan observasi digunakan untuk mendapatkan data. Hasilnya sebagai berikut: (1) Efektivitas paradigma pengajaran kontekstual dalam mengoptimalkan kecakapan representasi matematis siswa telah berhasil diraih. Di sisi lain, pada Siklus II, skor siswa meningkat dari 2,20 (golongan kurang) menjadi 3,07 (baik). Demikian juga dengan tingkat aktivitas guru yang meningkat dari 3,21 (kategori baik) menjadi 2,25 (kategori kurang). (2) Dari hasil tes awal 42,43, representasi matematis meningkat menjadi 65,26 pada Tahap I dan 83,98 pada Fase II. Pada Tahap II, pertumbuhan N-Gain naik dari 0,39 (sedang) pada menjadi 0,53 (sedang). (3) Tahapan penyusunan rencana, pelaksanaan, observasi, pengolahan data, dan refleksi terdiri dari dua siklus proses perbaikan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP Swasta Panca Budi kelas VII-2 di Medan

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, CTL, Evektivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Nov 2025 08:28
Last Modified: 24 Nov 2025 08:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65564

Actions (login required)

View Item
View Item