Handari, Indri Sri and Sitompul, Pardomuan (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VII Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan : (1) untuk mengetahui apakah model pengajaran kontekstual efektif dalam mengoptimalkan keterampilan representasi matematis siswa kelas VII-2, (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan tersebut setelah penerapan model pengajaran kontekstual, dan (3) untuk mengetahui tindakan pada saat mengoptimalkan efektivitas kompetensi representasi matematis siswa kelas VII-2. Tiga puluh siswa kelas VII-2 dari Sekolah Menengah Pertama Swasta Panca Budi Medan berpartisipasi dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Dokumentasi, tes, dan observasi digunakan untuk mendapatkan data. Hasilnya sebagai berikut: (1) Efektivitas paradigma pengajaran kontekstual dalam mengoptimalkan kecakapan representasi matematis siswa telah berhasil diraih. Di sisi lain, pada Siklus II, skor siswa meningkat dari 2,20 (golongan kurang) menjadi 3,07 (baik). Demikian juga dengan tingkat aktivitas guru yang meningkat dari 3,21 (kategori baik) menjadi 2,25 (kategori kurang). (2) Dari hasil tes awal 42,43, representasi matematis meningkat menjadi 65,26 pada Tahap I dan 83,98 pada Fase II. Pada Tahap II, pertumbuhan N-Gain naik dari 0,39 (sedang) pada menjadi 0,53 (sedang). (3) Tahapan penyusunan rencana, pelaksanaan, observasi, pengolahan data, dan refleksi terdiri dari dua siklus proses perbaikan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP Swasta Panca Budi kelas VII-2 di Medan
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan Representasi Matematis, CTL, Evektivitas |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 08:28 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 08:28 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65564 |
