Manurung, Yandre Try Fena and Hutabarat, Hanna Dewi Marina (2024) Implementasi Graf Dan Metode Webster Dalam Optimasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas (Studi Kasus: Simpang Pemda Flamboyan Raya). In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemacetan menjadi kendala yang sering terjadi dalam berlalu lintas. Kemacetan sering dijumpai di persimpangan jalan. Penyebab kemacetan karena volume kendaraan yang padat. Persimpangan Flamboyan Raya menjadi salah satu lokasi yang sering mengalami macet di Kota Medan. Kemacetan yang ditimbulkan karena durasi lampu lalu lintas yang kurang optimal. Perlu pengoptimalan durasi lampu lalu lintas untuk mengurangi kemacetan. Teori graf dan metode Webster dapat digunakan untuk pengoptimalan durasi lampu lalu lintas. Pada simpang Flamboyan Raya menggunakan empat fase dengan waktu siklus optimum 120 detik. Pagi hari durasi lampu hijau yaitu Jalan Flamboyan Raya 31 detik, Jalan Melati Raya 17 detik, Jalan Setia Budi (Utara) 34 detik dan Jalan Setia Budi (Selatan) 34 detik. Siang hari durasi lampu hijau yaitu Jalan Flamboyan Raya 29 detik, Jalan Melati Raya 20 detik, Jalan Setia Budi (Utara) 32 detik dan jalan Setia Budi (Selatan) 34 detik. Sore hari durasi lampu hijau yaitu Jalan Flamboyan Raya 23 detik, Jalan Melati Raya 28 detik, Jalan Setia Budi (Utara) 36 detik dan jalan Setia Budi (Selatan) 30 detik.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | Metode Webster; Siklus Optimum; Graf |
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 05:26 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 05:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65561 |
