Nasution, Nur Hazimah and Samosir, Katrina (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 1 Patumbak. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 26 orang siswa dari kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Patumbak. Hasil yang diperoleh dari analisis penelitian ini adalah: (1) E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan rata-rata validasi ahli materi 83,25% dan validasi ahli media 88,56%. (2) E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan karena memenuhi kriteria sangat praktis dengan hasil respon guru sebesar 94,5% dan rata-rata hasil respon siswa sebesar 88,10%. E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif karena telah memenuhi kriteria keefektivan yaitu telah mengalami peningkatan pada nilai ketuntasan belajar secara klasikal dari 7,70% menjadi 88,46% dan dapat diartikan bahwasannya terdapat lebih dari 85% dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran memperoleh nilai 75 (KKM). Selanjutnya berdasakan tercapainya indikator/tujuan pembelajaran dimana indikator pertama dari persentase 51,60% menjadi 93,27%, indikator kedua 44,87% menjadi 92,63%, indikator ketiga 37,50% menjadi 82,37%, dan indikator keempat 8,98% menjadi 78,52% dan dapat diartikan bahwa lebih dari 65% siswa mencapai 75% dari ketercapaian indikator/tujuan pembelajaran. Dan terakhir dilihat dari rata-rata perhitungan N-gain yang diperoleh sebesar 0,77 dengan kategori tinggi.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | E-Modul; STEAM, Teknologi; Pemecahan; Masalah; Matematis. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 04:39 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 04:39 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65556 |
