Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 1 Patumbak

Nasution, Nur Hazimah and Samosir, Katrina (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 1 Patumbak. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 26 orang siswa dari kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Patumbak. Hasil yang diperoleh dari analisis penelitian ini adalah: (1) E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan rata-rata validasi ahli materi 83,25% dan validasi ahli media 88,56%. (2) E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan karena memenuhi kriteria sangat praktis dengan hasil respon guru sebesar 94,5% dan rata-rata hasil respon siswa sebesar 88,10%. E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif karena telah memenuhi kriteria keefektivan yaitu telah mengalami peningkatan pada nilai ketuntasan belajar secara klasikal dari 7,70% menjadi 88,46% dan dapat diartikan bahwasannya terdapat lebih dari 85% dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran memperoleh nilai 75 (KKM). Selanjutnya berdasakan tercapainya indikator/tujuan pembelajaran dimana indikator pertama dari persentase 51,60% menjadi 93,27%, indikator kedua 44,87% menjadi 92,63%, indikator ketiga 37,50% menjadi 82,37%, dan indikator keempat 8,98% menjadi 78,52% dan dapat diartikan bahwa lebih dari 65% siswa mencapai 75% dari ketercapaian indikator/tujuan pembelajaran. Dan terakhir dilihat dari rata-rata perhitungan N-gain yang diperoleh sebesar 0,77 dengan kategori tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: E-Modul; STEAM, Teknologi; Pemecahan; Masalah; Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Nov 2025 04:39
Last Modified: 24 Nov 2025 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65556

Actions (login required)

View Item
View Item