Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Menggunakan Newman Error Analysis (NEA) pada Pendekatan Matematika Realistik Di SMP Negeri 43 Medan

Wibowo, Muhammad Rizki and Fauzi, M. Amin (2024) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Menggunakan Newman Error Analysis (NEA) pada Pendekatan Matematika Realistik Di SMP Negeri 43 Medan. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan dan penyebab kesalahan siswa SMP Negeri 43 Medan dalam menyelesaikan masalah geometri menggunakan Newman Error Analysis (NEA) dalam pendekatan matematika realistik serta memberikan alternatif solusinya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek 20 siswa kelas IX-4 yang mengalami kesalahan dalam menjawab soal berdasarkan kriteria prosedur Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa terjadi pada beberapa tahap, yaitu membaca masalah (4,71%) akibat kurangnya perhatian terhadap teks soal, memahami masalah (12,94%) karena kurangnya pemahaman terhadap penjelasan soal, transformasi masalah (22,35%) akibat kesulitan dalam memahami konsep, memproses masalah (28,82%) karena kurangnya pemahaman terhadap sifat aljabar, serta menulis jawaban akhir (31,18%) karena siswa menganggap kesimpulan tidak penting. Sebagai alternatif solusi, penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran yang sesuai, pengulangan materi sebelumnya, bimbingan pribadi, ice breaking sebelum pembelajaran, serta penggunaan alat peraga dan media yang lebih baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kesalahan, Geometri, Newman Error Analysis (NEA), Pendekatan Matematika Realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:56
Last Modified: 24 Nov 2025 01:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65547

Actions (login required)

View Item
View Item