Peran Etnomatematika Budaya Melayu Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah

Wahyuni, Fitri (2024) Peran Etnomatematika Budaya Melayu Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran etnomatematika budaya Melayu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Matematika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang abstrak dan terpisah dari kehidupan sehari-hari, sehingga banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep matematika. Padahal, budaya lokal, khususnya budaya Melayu, mengandung berbagai unsur matematis yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan materi matematika dengan konteks kehidupan siswa. Penelitian ini mengidentifikasi elemen-elemen matematis dalam budaya Melayu, seperti pola geometris dalam arsitektur tradisional, tenunan songket dan sistem perhitungan dalam permainan tradisional, yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran matematika. Melalui metode kajian literatur, yang mencakup analisis berbagai sumber termasuk artikel jurnal dari penelitian terdahulu yang terkait etnomatematika dan aplikasinya dalam pembelajaran. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi elemen budaya Melayu dapat meningkatkan pemahaman matematis dan memperkuat identitas budaya siswa. Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya, kurangnya pemahaman guru tentang etnomatematika, serta waktu pembelajaran yang terbatas. Oleh karena itu, rekomendasi untuk pengembangan modul pembelajaran, pelatihan guru, dan kolaborasi dengan tokoh budaya lokal sangat penting. Kesimpulannya, penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika tidak hanya membuat materi lebih kontekstual dan bermakna, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian budaya lokal di kalangan siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: etnomatematika, integrasi budaya, budaya Melayu, pembelajaran matematika, studi literatur.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:27
Last Modified: 24 Nov 2025 01:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65542

Actions (login required)

View Item
View Item