Kasiani, Puji and Nasution, Andrea Arifsyah (2024) Pengembangan Hypoyhetical Learning Trajectory untuk Mendukung Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas VII. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pada beberapa pembelajaran ditemukan kesalahan pendidik dalam mengajarkan materi tentang bangun datar yang hanya berfokus pada rumus sehingga siswa cenderung menghafal rumus tanpa memahami konsepnya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) untuk mengetahui bagaimana HLT mampu mendukung pemahaman konsep bangun datar siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Design Based Research (DBR) dengan tiga langkah penelitian. Langkah pertama adalah langkah persiapan dan perancangan yang dilakukan dengan merancang HLT yang akan dijadikan pedoman selama penelitian. Langkah kedua adalah eksperimen pengajaran dimana peneliti menguji HLT pada enam siswa dan menganalisis respon dan kondisi siswa, kemudian HLT direvisi sedemikian rupa sehingga HLT dianggap mampu mewakili respon dan kondisi siswa dalam memahami materi. materi dan diuji pada kelas eksperimen yang terdiri dari dua puluh lima siswa. Langkah terakhir adalah analisis retrospektif dimana HLT pada kegiatan eksperimen pengajaran dianalisis kesesuaiannya dengan respon siswa dan kondisi di kelas. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa HLT mampu mendukung pemahaman konsep luas bangun datar siswa kelas VII.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | Pemahaman Konsep, Bangun Datar, Realistic Mathematic Education, Penelitian Berbasis Desain, Hyphothetical Learning Trajectory |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 07:13 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 07:13 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65514 |
