Siahaan, Esterina Elisabet and Manurung, Nurliani and Siagian, Philips Pasca G. (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipeThe Power of Two Terhadap Keahlian Komunikasi Matematis Siswa. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keahlian komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPoT dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional di SMP Prayatna Medan tahun ajaran 2024/2025. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment, penelitian ini melibatkan dua kelas sampel: kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model TPoT dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain 0,7146 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain 0,5619 (kategori sedang). Uji hipotesis menunjukkan t_hitung≥t_tabel (2,924≥1,689), yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TPoT terhadap keahlian komunikasi matematis siswa.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | Komunikasi Matematis; Pembelajaran Kooperatif The Power Of Two |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 03:30 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 03:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65505 |
