Nimas, Anaiyah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar HOTS Materi Menggunakan Data Kelas VII. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
menggunakan sampel Kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan, penelitian ini mencoba untuk mengetahui bagaimana pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) mempengaruhi hasil belajar materi HOTS. Faktanya, nilai KKM matematika kedua kelas yang diteliti masih tergolong rendah. Dengan menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest dan metodologi penelitian kuasi-eksperimental, purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Sebanyak 60 siswa dari dua kelas dijadikan sampel penelitian ini. Tes digunakan untuk menerapkan strategi pengumpulan data. Sebelum dan sesudah ujian, rata-rata nilai belajar kelompok kontrol berkisar antara 48,57 hingga 78,57, sedangkan rata-rata nilai belajar kelompok eksperimen berkisar antara 48,90 hingga 81,90. Dengan software SPSS versi 26, analisis data menggunakan uji Independent Samples T test menghasilkan angka probabilitas (tanda tangan) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan menggunakan data Kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan, pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar materi HOTS. Kelas menengah yang menggunakan model pembelajaran PBL pada Materi Menggunakan Data berbeda jauh dengan kelas yang menggunakan teknik konvensional, hal itu dapat ditentukan.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, HOTS, dan Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 02:37 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 03:24 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65504 |
