Revolusi Pembelajaran Matematika: Pengembangan E-Modul Interaktif dengan Model SAVI untuk Siswa SMP

Purba, Icha Novalia and Hia, Yasifati (2024) Revolusi Pembelajaran Matematika: Pengembangan E-Modul Interaktif dengan Model SAVI untuk Siswa SMP. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Riset ini bermaksud untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk e-modul untuk memberi peningkatan peserta didik dalam memahami konsep matematika dengan memakai model pembelajaran SAVI yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran matematika. Riset ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tanjung Morawa pada semester ganjil T.A. 2024/2025. Metode riset yang dipakai adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pada riset ini adalah Peserta didik kelas VIII B dengan objek penelitian berupa e-modul matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk e-modul untuk memberi peningkatan dalam memahami konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran SAVI yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai 92,2 % yang tergolong pada kategori layak, praktis dengan persentase angket respon guru 98,75% dan persentase angket respon Peserta didik 84,25 % yang keduanya tergolong pada kategori sangat praktis, dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,67 dengan kategori peningkatan sedang. Analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan pada proses pembelajaran matematika serta mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika Peserta didik

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: E-Modul ; Pemahaman Konsep Matematika ; SAVI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Nov 2025 02:06
Last Modified: 17 Nov 2025 02:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65501

Actions (login required)

View Item
View Item