Manalu, Linda Yanti (2023) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING DIINTEGRASIKAN DENGAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA MATERI VIRUS DIKELAS X IPA SMAN 2 PERCUT SEI TUAN T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
4161141032_Cover.pdf
Download (50kB)
4161141032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (581kB)
4161141032_Abstrak.pdf
Download (74kB)
4161141032_Kata_Pengantar.pdf
Download (334kB)
4161141032_Daftar_Isi.pdf
Download (94kB)
4161141032_Daftar_Gambar.pdf
Download (52kB)
4161141032_Daftar_Tabel.pdf
Download (49kB)
4161141032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (64kB)
4161141032_BAB_I.pdf
Download (202kB)
4161141032_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4161141032_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (499kB)
4161141032_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (401kB)
4161141032_BAB_V.pdf
Download (37kB)
4161141032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (124kB)
4161141032_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching diintegrasikan dengan Mind Map terhadap hasil belajar dan retensi siswa pada sub materi Virus di kelas X IPA SMAN 2 Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian Pre-test, Post-test, dan Re-test. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel yang diambil adalah kelas X IPA 3 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa postes dan retest. Adapun hasil belajar yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 59,17 dan pada kelas eksperimen 78,50, hal ini menunjukkan bahwa model Reciprocal Teaching diintegrasikan dengan Mind Map berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil retensi yang diperoleh pada kelas control adalah rata-rata 74% retensi 1 dan 53% pada retensi 2, sedangkan pada kelas control diperoleh rata-rata 52% retensi 1 dan 51% retensi 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching diintegrasikan dengan Mind Map terhadap hasil belajar dan retens siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching diintegrasikan Mind Map berpengaruh a terhadap hasil belajar dan retensi siswa pada materi virus dikelas x SMAN 2 Percut Sei Tuan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Reciprocal Teaching , Mind Map, Hasil Belajar, Retensi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 07:22 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 07:22 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65491 |
