Simbolon, Apriadi (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS VA SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313031 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
108313031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
108313031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
108313031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313031 BAB I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
108313031 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104202 Bandar Setia, penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode demonstrasi sebagai sasaran utama dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana keefektifan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas VA pada materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya di SD Negeri 104202 Bandar Setia Tahun Ajaran 2011/2012.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA di SD Negeri 104202 Bandar Setia.Penentuansubjekinidiperolehberdasarkanhasilobservasiterhadapkelas yang akanditelitidan saran darikepalaSekolah. Pelaksanaan PTK dilakukan selama dua siklus.Hasi lpenelitian pada saat tes awal diperoleh nilai rata-rata sebesar 45,69 dan meningkat menjadi 62,08 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 76,52 pada saat tes siklus II. Sebelum diberikan tindakan, pengetahuan awal tingkat ketuntasan yang dicapai siswa secara klasikal adalah sebesar 30,55% (11 orang), setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar55,55% (20 orang) yang berarti secara klasikal belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya, dari hasil tes pada siklus II sebagai bentuk perbaikan dari siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 86,11(31orang)yang berarti telah mencapai keberhasilan atau dengan kata lain setelahsiklus II siswa secara klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan hasil belajar siswakelas VA pada materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya di SD Negeri 104202 Bandar Setia Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sim u |
Keywords: | Beajar;Sains Metode |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6549 |