Silaban, Patri Janson and Sinaga, Bornok and Syahputra, Edi (2024) Respon Positif Model Pembelajaran PMRI Berbasis Batak Toba Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, Dan Integrasi Keilmuan Dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi Dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini mengembangkan model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis budaya Batak Toba untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) mahasiswa dalam perkuliahan matematika tingkat lanjut bagi calon guru SD. Penelitian dilakukan di PGSD FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan pada semester genap Tahun Akademik 2022/2023, dengan subjek mahasiswa semester 3 Tahun Ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa. Pada uji coba pertama, 87% mahasiswa merasa senang dengan pembelajaran, meningkat menjadi 93% pada uji coba kedua. Keberhasilan model didukung oleh metode pengajaran dosen, suasana kelas yang interaktif, serta materi berbasis budaya lokal. Selain itu, 95,2% dosen menilai bahwa komponen pembelajaran, seperti RPS dan media pembelajaran, sangat membantu proses pembelajaran. Model PMRI berbasis budaya Batak Toba terbukti valid, praktis, dan efektif, serta berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan matematika di Indonesia melalui pendekatan interaktif dan kontekstual.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | PMRI,Batak Toba |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 05:18 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 05:18 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65480 |
