Saragih, Cindy Aulia Zahra and Simanjuntak, Erlinawaty (2024) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Peserta Didik Kelas VIII. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, Dan Integrasi Keilmuan Dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi Dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Riset ini bermaksud untuk mendeskripsikan dampak Pendekatan Matematika Realistik dengan berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan berpikir komputasi peserta didik pada materi menyederhanakan bentuk aljabar SMP. Riset ini dilangsungkan di SMP Negeri 4 Tanjungbalai pada T.A 2024/2025. Metode yang diaplikasikan dalam riset ini yakni metode quasi experiment. Sampel dalam riset ini berlaku dua ruang, yakni kelas VIII-4 sebagai ruang eksperimen dan ruang VIII-3 sebagai kelas kontrol. Berlandaskan perolehan riset didapati tℎitung > ttabel (5,430>1,671) yang ditafsirkan terkandung pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dengan berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan berpikir komputasi anak didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Tanjungbalai. Selain itu, Pendekatan Matematika Realistik dengan berbantuan GeoGebra menyerahkan pengaruh terhadap keterampilan berpikir komputasi anak didik dengan nilai efek senilai 1,379 (efek besar).
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | Geogebra; Kemampuan Berpikir Komputasi; Pendekatan Matematika Realistik |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 05:10 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 05:11 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65479 |
