Siregar, Alvi Valah and Sitompul, Pardomuan (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, Dan Integrasi Keilmuan Dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi Dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis video menggunakan aplikasi Canva. Tujuan penelitian adalah menghasilkan media yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Perbaungan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat valid dengan skor 88% dari ahli media, 89% dari ahli materi, dan 87% untuk modul pengajaran kurikulum mandiri. Kepraktisan media dinilai sangat praktis oleh guru (87%) dan uji coba kelompok terbatas (83%), serta praktis dalam uji lapangan (75%). Keefektifan media ditunjukkan dengan tingkat kelulusan klasikal sebesar 86%, peningkatan pemahaman konsep matematika dengan nilai gain 0,7334 (kategori tinggi), serta respons siswa terhadap efektivitas media sebesar 91% (kategori efektif). Berdasarkan keseluruhan data, media pembelajaran ini telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran Matematika; Aplikasi Canva; Pemahaman Konsep; Model Pengembangan ADDIE |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 02:55 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 02:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65472 |
