ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI DI SMAN 18 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nst, Mhd. Ismail Saleh ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI DI SMAN 18 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3143111029 COVER.pdf] Text
1. NIM. 3143111029 COVER.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 2. NIM. 3143111029 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 3143111029 APPROVAL SHEET.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 3. NIM. 3143111029 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 3143111029 ABSTRACT.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4. NIM. 3143111029 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 3143111029 PREFACE.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 5. NIM. 3143111029 TABLES.pdf] Text
5. NIM. 3143111029 TABLES.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 6. NIM. 3143111029 APPENDICES.pdf] Text
6. NIM. 3143111029 APPENDICES.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 7. NIM. 3143111029 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
7. NIM. 3143111029 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 8. NIM. 3143111029 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM. 3143111029 CHAPTER I.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 9. NIM. 3143111029 CHAPTER II.pdf] Text
9. NIM. 3143111029 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 10. NIM. 3143111029 CHAPTER III.pdf] Text
10. NIM. 3143111029 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[thumbnail of 11. NIM. 3143111029 CHAPTER IV.pdf] Text
11. NIM. 3143111029 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[thumbnail of 12. NIM. 3143111029 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM. 3143111029 CHAPTER V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 13. NIM. 3143111029 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM. 3143111029 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 14. NIM. 3143111029 ENCLOSURE.pdf] Text
14. NIM. 3143111029 ENCLOSURE.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman siswa mengenai konsep demokrasi dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 18 Medan. Metode penelitian yang digunakana adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu tehnik analisis data dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data-data yang sudah dikumpul tanpa ada maksud membuat generalisasi dari hasil penelitian dengan tingkat variasi yang kompleks lebih sistematis, terencana, terstruktur, jelas dari awal sampai akhir yang disajikan dalam bentuk tes. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 18 Medan sebanyak 200 orang siswa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 30 orang siswa yang diambil secara acak dari setiap kelas XI secara sederhana(random sampling) dengan mengambil 15% dari jumlah populasi. Sebelum melakukan penelitian pada sekolah SMA Negeri 18 keadaan siswa-siswa masih jauh dari kata demokrasi, sehingga peneliti menarik kesimpulan melakukan penelitian pada sekolah tersebut. Adapun teknis analisis data dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif melalui penghitungan persentase. kategori uji hipotesis penelitian dari 15 pertanyaan untuk option jawaban angket responden, option pertanyaan 2,4,5,11,14 dan 15 adalah dalam kategori tinggi dengan persentase (80%-100%), untuk option pertanyaan 8,10 dan 13 kategori sedang dengan persentase (60%-79%), selanjutnya option pertanyaan 1,3,6,7,912 dan 12 kategori rendah dengan persentase (0%-59%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan tentang konsep demokrasi sudah bisa dibilang dengan kategori tinggi dengan kriteria 80-100% setelah peneliti melakukan penelitian pada sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konsep Demokrasi Pembelajaran PPKn
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF500 By region or country
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Setiady Setiady
Date Deposited: 28 Oct 2025 09:02
Last Modified: 28 Oct 2025 09:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65466

Actions (login required)

View Item
View Item