Sudarma, Yulia Pratiwi (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI EKOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 820617403 COVER.pdf
Download (38kB)
2. NIM. 820617403 APPROVAL SHEET.pdf
Download (371kB)
3. NIM. 820617403 PREFACE.pdf
Download (135kB)
4. NIM. 820617403 ABSTRACT.pdf
Download (147kB)
5. NIM. 820617403 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (63kB)
6. NIM. 820617403 TABLES.pdf
Download (36kB)
7. NIM. 820617403 ILLUSTRATION.pdf
Download (32kB)
8. NIM. 820617403 APPENDICES.pdf
Download (130kB)
9. NIM. 820617403 CHAPTER I.pdf
Download (353kB)
10. NIM. 820617403 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (670kB)
11. NIM. 820617403 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM. 820617403 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (912kB)
13. NIM. 820617403 CHAPTER V.pdf
Download (134kB)
14. NIM. 820617403 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (234kB)
15. NIM. 820617403 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi sains pada materi ekologi, mengetahui kelayakan LKPD sebagai bahan ajar menurut validator ahli, guru dan respon siswa, serta efektivitasnya dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D Thiagarajan. Validasi produk dilakukan oleh 3 validator ahli yaitu validator isi materi, validator strategi pembelajaran dan validator media. Penelitian dilakukan di SMA Methodist An Pancurbatu di kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan dalam bentuk kuesioner menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan, LKPD ekologi berbasis literasi sains sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dengan persentase penilaian hasil validasi ahli materi sebesar 92,19%, validasi ahli strategi pembelajaran sebesar 92,2%, validasi ahli media sebesar 94,8%, penilaian guru sebesar 93,24% dan respon siswa sebesar 94%. Sementara berdasarkan hasil tes efektivitas, skor gain 0,7> g > 0,3 berarti bahwa LKPD ekologi berbasis literasi sains efektif dalam meningkatkan HOTS siswa pada kategori sedang. Didukung dengan hasil uji independent sample t test dalam analisis perbedaan rata-rata, ditemukan bahwa LKPD literasi sains yang dikembangkan berhasil memunculkan perbedaan peningkatan hasil post test secara signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan selisih rerata sebesar 17,78.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 570.72 Sud p |
| Keywords: | HOTS, Ekologi, Literasi Sains, LKPD, Pengembangan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 10:41 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 10:41 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65461 |
