Saragih, Sri Juliana (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT T.A 2011/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113060 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
108113060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
108113060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
108113060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
108113060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
108113060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
108113060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108113060 BAB I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
108113060 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108113060 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains dikelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran sains pokok bahasan pesawat sederhana dengan menggunakan metode think pair share.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat dengan jumlah siswa 29 orang dengan 14 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki.. Penelitian ini dilakukan untuk pelajaran sains pokok bahasan pesawat sederhana. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi siswa dan angket.Hasil penelitian menunjukkan siklus I pertemuan I terdapat 3 siswa (10,3) yang memperoleh kriteria baik, 8 siswa (27,5) yang memperoleh kriteria cukup baik, 18 siswa (62,0) yang memperoleh kriteria kurang baik. Pada siklus I pertemuan II terdapat 3 orang siswa (10,3) yang memperoleh kriteria sangat baik, 12 orang siswa (41,3) yang memperoleh kriteria baik, 11 orang siswa (37,9) yang memperoleh kriteria cukup baik, 3 orang siswa (10,3) yang memperoleh kriteria kurang baik. Pada siklus II pertemuan I terdapat 7 orang siswa (24,1) yang memperoleh kriteria sangat baik, 18 (62,0) orang siswa yang memperoleh kriteria baik, 2 (6.8) orang siswa yang memperoleh kriteria cukup baik, 2 orang siswa (6,8) yang memperoleh kriteria kurang baik. Pada siklus II pertemuan II terdapat 20 orang siswa (68,9) yang memperoleh kriteria sangat baik, 7 (24,1) orang siswa yang memperoleh kriteria baik, 2 (6.8) orang siswa yang memperoleh kriteria cukup baik.Dari hasil yang diperoleh dari 29 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan nilai. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode think pair share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran sains pokok bahasan pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sar u |
Keywords: | Belajar;Sains; Metode |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6546 |