Parapat, Trifosa UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PAHAE JAE TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143331036 COVER.pdf
Download (48kB)
3. NIM. 3143331036 PREFACE.pdf
Download (238kB)
4. NIM. 3143331036 ABSTRACT.pdf
Download (36kB)
6. NIM. 3143331036 TABLES.pdf
Download (88kB)
7. NIM. 3143331036 ILLUSTRATION.pdf
Download (33kB)
8. NIM. 3143331036 APPENDICES.pdf
Download (35kB)
9. NIM. 3143331036 CHAPTER I.pdf
Download (348kB)
10. NIM. 3143331036 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (794kB)
11. NIM. 3143331036 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (470kB)
12. NIM. 3143331036 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (558kB)
13. NIM. 3143331036 CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
14. NIM. 3143331036 CHAPTER VI.pdf
Download (140kB)
15. NIM. 3143331036 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (142kB)
16. NIM. 3143331036 ENCLOSURE.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pahae Jae Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pahae Jae, Jalan Sipirok Sarulla, Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pahae Jae yang terdiri dari 2 kelas yaitu XI IPS1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 dan XI IPS2 dengan jumlah siswanya sebanyak 32 siswa, sehingga total populasinya dalah 62 siswa. Mengingat populasi penelitian ini kurang dari 100 maka penetapan sampel digunakan dengan teknik total sampling, sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian, dengan demikian jumlah sampel penelitian sebanyak 62 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung (angket). Teknik analisis data dalam penelitian ini teknik deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pahae Jae tahun ajaran 2018/2019 ialah semua upaya guru mata pelajaran masuk dalam kategori tinggi. Dengan skor rata- rata tertinggi berada pada upaya guru pendidikan agama dan guru sosiologi. Upaya guru pendidikan agama pada indikator mengaktifkan/ menggerakkan yang ditinjau dari: (1) meningkatkan kegairahan belajar; (2) menumbuhkan keaktifan belajar; dan (3) mengorganisasikan penggunaan media belajar dengan perolehan skor 2,79 (tinggi). Upaya guru sosiologi pada indikator memberi bantuan/ dukungan yang ditinjau dari: (1) mengetahui hasil yang dicapai siswa; (2) memberi dorongan/ dukungan; dan (3) usaha mengatasi kesulitan siswa dengan perolehan skor rata-rata 2,79 (tinggi). Sedangkan skor rata- rata terendah berada pada upaya guru seni budaya. Upaya guru seni budaya dalam indikator mengarahkan yang ditinjau dari: (1) mengelola proses pembelajaran; (2) mengelola kegiatan akademik; dan (3) memberi bimbingan dengan perolehan skor 2,42 (rendah). Hal ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pahae Jae tahun ajaran 2018/2019 dikategorikan tinggi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | upaya guru, motivasi, belajar |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:58 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:58 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65457 |
