PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN

Sianipar, Bintang Tabita (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111088_Cover.pdf] Text
4193111088_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4193111088_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111088_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of 4193111088_Abstrak.pdf] Text
4193111088_Abstrak.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 4193111088_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111088_Kata_Pengantar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4193111088_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111088_Daftar_Isi.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 4193111088_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111088_Daftar_Gambar.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 4193111088_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111088_Daftar_Tabel.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4193111088_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111088_Daftar_Lampiran.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4193111088_BAB_I.pdf] Text
4193111088_BAB_I.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of 4193111088_BAB_II.pdf] Text
4193111088_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111088_BAB_III.pdf] Text
4193111088_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111088_BAB_IV.pdf] Text
4193111088_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 4193111088_BAB_V.pdf] Text
4193111088_BAB_V.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 4193111088_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111088_Daftar_Pustaka.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 4193111088_Lampiran.pdf] Text
4193111088_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-F SMP Negeri 6 Medan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra pada materi Bangun ruang sisi datar. “Penelitin ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakaan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus sebanyak 2 pertemuan. Sebanyak 31 siswa dari kelas VIII-F dilibatkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil tes observasi, diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas adalah 30,64 dan adapun jumlah siswa yang tuntas adalah 3 dari 31 (9,67%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas adalah 28 dari 31 (90,32%) maka dalam hal ini tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong sangat rendah dan tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, didapatkan nilai rata- rata kemampuan pemecahan masalah kelas 70,29 dengan kategori sedang. Adapun 23 dari 31 (74,19%) siswa sudah tuntas dalam pemecahan masalah, sedangkan sebanyak 8 dari 31 (25,8%) siswa belum tuntas. Kemampuan pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I dalam kategori baik sebesar 2,7. Selain itu, 27 dari 31 siswa (87,09%) mencapai ketuntasan setelah melaksanakan tindakan siklus II, sedangkan 4 dari 31 siswa (12,91%) tidak tuntas. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada siklus II meningkat dari sebelumnya yaitu 83,01 kategori tinggi. Kemampuan guru mengelola pembelajaran memperoleh skor 3,06 dengan kategori baik. Oleh karena itu, dapat dikatakan lebih dari 85% siswa menyelesaikan masalah dengan tuntas di kelas ini”. Setiap siklus menunjukkan penurunan jumlah masalah yang terjadi, dan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika meningkat. Dengan kata lain, model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh Geogebra dapat menjadi salah satu solusi yang dapat membantu memperbaiki proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Geogebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Oct 2025 05:04
Last Modified: 24 Oct 2025 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65444

Actions (login required)

View Item
View Item