Sari, Indah Puspita (2022) Penerapan Model Drill And Practice Tari Wira Pertiwi Berbasis Powerpoint Stand Alone Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Di SMA Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2171141008 COVER.pdf
Download (147kB)
2. NIM 2171141008 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 2171141008 ABSTRACT.pdf
Download (189kB)
4. NIM 2171141008 PREFACE.pdf
Download (383kB)
5. NIM 2171141008 CONTENTS.pdf
Download (534kB)
6. NIM 2171141008 TABLES.pdf
Download (135kB)
7. NIM 2171141008 PICTURES.pdf
Download (137kB)
8. NIM 2171141008 CHAPTER I.pdf
Download (985kB)
9. NIM 2171141008 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
10. NIM 2171141008 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. NIM 2171141008 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
12. NIM 2171141008 CHAPTER V.pdf
Download (383kB)
13. NIM 2171141008 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (462kB)
14. NIM 2171141008 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan media
pembelajaran powerpoint stand alone dalam model drill and practice untuk
meningkatkan hasil belajar tari Wira Pertiwi. Teori model Pembelajaran drill and
practice yang digunakan dalam penelitian ini disampaikan oleh Roestiyah
(2010:125). Materi pembelajaran tari Wira Pertiwi yang diajarkan sesuai isi media
powerpoint pada KD: 3.1 yakni konsep yang meliputi sejarah tari, fungsi tari, alat
musik tari, tata busana dan tata rias tari Wira Pertiwi. Teknik yang meliputi teknik
gerak tari pada tari Wira Pertiwi, serta prosedur yang meliputi ragam gerak tari
dan properti tari Wira Pertiwi. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan desain pretest
posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen
penelitan ini menggunakan test soal berjumlah 20 soal pilihan berganda yang
sudah di validasi digunakan pada saat pretest dan posttest. Data hasil pretest
posttest di uji dengan uji normalitas dan uji homogenitas berupa soal yang sudah
divalidasi kemudian digunakan sebagai soal pretest dan posttest. Dari hasil
analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil pretest yaitu 39,02 dan nilai rata-rata
hasil posttest yaitu 89,8 bahwa hasil yang diperoleh berdistribusi normal. Uji
hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan perangkat Microsoft Excel,
berdasarkan tabel t dengan df = 35 dan �= 0.05 menunjukan bahwa t hitung > t
tabel yaitu 50,539 > 1,68957 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari hasil tes pretest sebelum diberi
perlakuan dan hasil tes posttest sesudah diberi perlakuan mencapai peningkatan
sebesar 50% terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran materi tari Wira
Pertiwi dengan model drill and practice melalui media berbasis powerpoint stand
alone di kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Tari Wira Pertiwi; Model Drill And Practice; Hasil Belajar |
| Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 03:12 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 03:12 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65442 |
