Hafizah, Zulfi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111058 COVER.pdf
Download (42kB)
2. NIM 4183111058 APPROVAL SHEET.pdf
Download (766kB)
3. NIM 4183111058 ABSTRACT.pdf
Download (66kB)
4. NIM 4183111058 PREFACE.pdf
Download (477kB)
5. NIM 4183111058 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (92kB)
6. NIM 4183111058 ILLUSTRATION.pdf
Download (34kB)
7. NIM 4183111058 TABLE.pdf
Download (63kB)
8. NIM 4183111058 APPENDICES.pdf
Download (61kB)
9. NIM 4183111058 CHAPTER I.pdf
Download (356kB)
10. NIM 4183111058 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 4183111058 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 4183111058 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 4183111058 CHAPTER V.pdf
Download (118kB)
14. NIM 4183111058 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (210kB)
15. NIM 4183111058 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva yang telah dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 60 siswa kelas VIII SMP Nurul Islam Indonesia yang terbagi dalam dua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh persentase validitas pengembangan media sebesar 94,17% dari ahli media dan 92,36% dari ahli materi yang berada pada kriteria sangat valid. Kepraktisan media telah memenuhi kriteria praktis, berdasarkan respon guru diperoleh persentase 90,91%, dan respon siswa diperoleh persentase 83,97% pada uji coba I dan 85,17% pada uji coba II. Keefektifan media telah memenuhi kriteria efektif, yaitu ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 88% pada uji coba II (pada uji coba I hanya 73%), penggunaan waktu penelitian sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan respon siswa dengan persentase 86,13% pada uji coba I dan 91,18% pada uji coba II. Hasil uji Gain dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan media pembelajaran mengalami peningkatan, dengan nilai N-Gain dari uji coba I yaitu 0,36 berada pada kategori sedang meningkat menjadi 0,43 saat uji coba II yang berada pada kategori sedang. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tersebut menjadi penguatan terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva dalam proses pembelajaran di kelas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Aplikasi Canva, Pemecahan Masalah Matematis, Pola Bilangan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 05:57 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 05:57 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65413 |
