Indayanti, Yuki (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBATUAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI MTS CITRA ABDI NEGORO. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181111004 COVER.pdf
Download (49kB)
2. NIM 4181111004 APPROVAL SHEET.pdf
Download (482kB)
3. NIM 4181111004 ABSTRACT.pdf
Download (329kB)
4. NIM 4181111004 PREFACE.pdf
Download (184kB)
5. NIM 4181111004 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (87kB)
6. NIM 4181111004 ILLUSTRATION.pdf
Download (209kB)
7. NIM 4181111004 TABLES.pdf
Download (209kB)
8. NIM 4181111004 APPENDICES.pdf
Download (33kB)
9. NIM 4181111004 CHAPTER I.pdf
Download (756kB)
10. NIM 4181111004 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. NIM 4181111004 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (671kB)
12. NIM 4181111004 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. NIM 4181111004 CHAPTER V.pdf
Download (60kB)
14. NIM 4181111004 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (205kB)
15. NIM 4181111004 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Geogebra dan untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis setelah menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media Geogebra. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, subjek penelitian yaitu siswa kelas IX-3 MTs Citra Abdi Negoro yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan: (1) Tingkat kemapuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat dengan nilai 85% minimal kategori sedang, (2) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan nilai 60% minimal kategori baik, (3) Hasil observasi siswa dan guru menunjukkan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tes kemampuan awal 58,10 meningkat menjadi 61,34 pada siklus I dan 80,55 pada siklus II. Terdapat pula peningkatan ketuntasan klasikal pada tes kemampuan berpikir kreatif dari 8 siswa (29,63 %) pada tes kemampuan awal meningkat menjadi 12 siswa (44,44 %) pada siklus I dan 25 siswa ( 92,59 %) pada siklus II. Untuk proses jawaban siswa hasil siklusI dengan rata-rata presentasi proses jawaban siswa 50, 31% meningkat menjadi 70,67% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media Geogebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kratif siswa
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Berpikir Kreatif, Model Problem Based Lerning, Media Geogebra |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 05:53 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 05:53 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65412 |
