PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBATUAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI MTS CITRA ABDI NEGORO

Indayanti, Yuki (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBATUAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI MTS CITRA ABDI NEGORO. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4181111004 COVER.pdf] Text
1. NIM 4181111004 COVER.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 2. NIM 4181111004 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4181111004 APPROVAL SHEET.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 3. NIM 4181111004 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4181111004 ABSTRACT.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 4. NIM 4181111004 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4181111004 PREFACE.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 5. NIM 4181111004 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4181111004 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 6. NIM 4181111004 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM 4181111004 ILLUSTRATION.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 7. NIM 4181111004 TABLES.pdf] Text
7. NIM 4181111004 TABLES.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 8. NIM 4181111004 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 4181111004 APPENDICES.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 9. NIM 4181111004 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4181111004 CHAPTER I.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of 10. NIM 4181111004 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 4181111004 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 11. NIM 4181111004 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 4181111004 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[thumbnail of 12. NIM 4181111004 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 4181111004 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. NIM 4181111004 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4181111004 CHAPTER V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 14. NIM 4181111004 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4181111004 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 15. NIM 4181111004 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 4181111004 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Geogebra dan untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis setelah menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media Geogebra. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, subjek penelitian yaitu siswa kelas IX-3 MTs Citra Abdi Negoro yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan: (1) Tingkat kemapuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat dengan nilai 85% minimal kategori sedang, (2) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan nilai 60% minimal kategori baik, (3) Hasil observasi siswa dan guru menunjukkan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tes kemampuan awal 58,10 meningkat menjadi 61,34 pada siklus I dan 80,55 pada siklus II. Terdapat pula peningkatan ketuntasan klasikal pada tes kemampuan berpikir kreatif dari 8 siswa (29,63 %) pada tes kemampuan awal meningkat menjadi 12 siswa (44,44 %) pada siklus I dan 25 siswa ( 92,59 %) pada siklus II. Untuk proses jawaban siswa hasil siklusI dengan rata-rata presentasi proses jawaban siswa 50, 31% meningkat menjadi 70,67% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media Geogebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kratif siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Berpikir Kreatif, Model Problem Based Lerning, Media Geogebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 20 Oct 2025 05:53
Last Modified: 20 Oct 2025 05:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65412

Actions (login required)

View Item
View Item