Bangun, Sella Eurora (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4183111116 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4183111116 COVER.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4183111116 APROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4183111116 APROVAL SHEET.pdf
Download (391kB)
![[thumbnail of 3. NIM 4183111116 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4183111116 ABSTRACT.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4183111116 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4183111116 PREFACE.pdf
Download (188kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4183111116 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4183111116 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (125kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4183111116 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4183111116 ILLUSTRATION.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4183111116 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4183111116 TABLES.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4183111116 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4183111116 APPENDICES.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4183111116 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4183111116 CHAPTER I.pdf
Download (557kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4183111116 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4183111116 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (724kB)
![[thumbnail of 11. NIM 4183111116 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4183111116 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (580kB)
![[thumbnail of 12. NIM 4183111116 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4183111116 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (589kB)
![[thumbnail of 13. NIM 4183111116 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4183111116 CHAPTER V.pdf
Download (93kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4183111116 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4183111116 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (205kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4183111116 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4183111116 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aljabar di kelas VII SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan serta seberapa besar pengaruh tersebut. Populasi dari penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan yang berjumlah 7 kelas. Dari 7 kelas, sampel yang akan diambil hanya satu kelas yang akan dijadikan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII-6 dengan jumlah 30 siswa dengan menggunakan teknik nonprobability sampling tipe sampling purposive. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan Pre-Eksperimental Design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, yakni pre-test dan post-test yang sudah divalidkan oleh ahli, yaitu 2 dosen matematika UNIMED dan 1 orang guru matematika SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) 22. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji kolmogorov smirnof dan uji homogenitas data menggunakan uji levene. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test sebesar 71,00 dan nilai rata-rata post-test sebesar 85,80. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji T Berpasangan (Paired Sample T-test) yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun besar pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aljabar di kelas VII SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan adalah sebesar 27,87%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, penelitian eksperimen, missouri mathematics project (MMP) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 04:53 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65405 |