Lestari, Rahayu (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SEND A PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP IT AL HIJRAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4183111075 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4183111075 COVER.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4183111075 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4183111075 APPROVAL SHEET.pdf
Download (515kB)
![[thumbnail of 3. NIM 4183111075 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4183111075 ABSTRACT.pdf
Download (280kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4183111075 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4183111075 PREFACE.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4183111075 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4183111075 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4183111075 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4183111075 ILLUSTRATION.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4183111075 TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4183111075 TABLE.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4183111075 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4183111075 APPENDICES.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4183111075 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4183111075 CHAPTER I.pdf
Download (407kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4183111075 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4183111075 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (871kB)
![[thumbnail of 11. NIM 4183111075 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4183111075 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (648kB)
![[thumbnail of 12. NIM 4183111075 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4183111075 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 13. NIM 4183111075 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4183111075 CHAPTER V.pdf
Download (381kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4183111075 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4183111075 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4183111075 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4183111075 APPENDICES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP IT Al Hijrah Medan melalui model pembelajaran kooperatif tipe send a problem pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini yakni 19 orang siswa kelas VIII-C SMP IT Al Hijrah Medan. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Sebelum melaksanakan siklus I, dilakukan tes diagnostik guna mengetahui tingkat kemampuan pemecaham masalah siswa sebelum diberi tindakan dan pada akhir setiap siklus diberi tes kemampuan pemecahan masalah guna mengetahui kemampuan siswa setelah diberi tindakan. Hasil tes diagnostik menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada kategori sangat rendah dengan skor rata-rata 15,35 dan banyak siswa yang tuntas belajar berjumlah 0 dari 19 orang (0%). Hasil analisis data siklus I diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yakni 59,21 dan siswa yang tuntas berjumlah 5 dari 19 orang (26,32%). Hasil analisis data siklus II diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yakni sebesar 81,14 dan siswa yang tuntas belajar berjumlah 17 dari 19 orang (89,47%). Dari data tersebut telihat bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah mulai dari tes diagnostik, tes siklus I, dan tes siklus II. Hasil observasi menunjukkan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe send a problem termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,41. Berdasarkan data tersebut, maka indikator penelitian telah terpenuhi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe send a problem dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP IT Al Hijrah Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Send a Problem, Kemampuan Pemecahan Masalah, SPLDV |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 04:29 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65402 |