Taufik, Indra (2023) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183111105 COVER.pdf
Download (50kB)
2. NIM. 4183111105 APPROVAL SHEET.pdf
Download (455kB)
3. NIM. 4183111105 ABSTRACT.pdf
Download (60kB)
4. NIM. 4183111105 PREFACE.pdf
Download (141kB)
5. NIM. 4183111105 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (90kB)
6. NIM. 4183111105 ILLUSTRATION.pdf
Download (33kB)
7. NIM. 4183111105 TABLES.pdf
Download (34kB)
8. NIM. 4183111105 APPENDICES.pdf
Download (33kB)
9. NIM. 4183111105 CHAPTER I.pdf
Download (454kB)
10. NIM. 4183111105 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 4183111105 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (979kB)
12. NIM. 4183111105 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 4183111105 CHAPTER V.pdf
Download (59kB)
14. NIM. 4183111105 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (172kB)
15. NIM. 4183111105 RNCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis RME yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa untuk materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk angket respon siswa dan guru terhadap LKS, tes kemampuan peningkatan pemecahan masalah matematis. Setelah instrumen dan LKS dinyatakan valid, selanjutnya dilakukan uji coba berupa uji coba terbatas (keterbatasan) dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan LKS berbasis RME sudah memenuhi kriteria kevalidan yang didasarkan penilaian validator dengan hasil rata-rata validasi memperoleh persentase 4,34 berada di kategori valid, (2) Pengembangan LKS berbasis RME sudah memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil dari validasi LKS, (3) Pengembangan LKS berbasis RME sudah memenuhi kriteria keefektifan dimana : a) ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 85; b) lebih dari 65 % siswa mencapai 75 % tujuan pembelajaran untuk setiap indikator; c) respon siswa yang memberikan persentase sebesar 88,22 % . Pada uji Gain dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan LKS berbasis RME mengalami peningkatan 0,65 dengan kategori sedang sehingga LKS berbasis RME sudah layak digunakan, karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | LKS, Berbasis RME, Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:41 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 03:41 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65397 |
