PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 14 BINJAI

Aprilia, Ega (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 14 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4182111029 COVER.pdf] Text
1. NIM 4182111029 COVER.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 2. NIM 4182111029 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4182111029 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 4182111029  ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4182111029 ABSTRACT.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 4. NIM 4182111029 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4182111029 PREFACE.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 5. NIM 4182111029 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4182111029 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 6. NIM 4182111029 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM 4182111029 ILLUSTRATION.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 7. NIM 4182111029 TABLES.pdf] Text
7. NIM 4182111029 TABLES.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 8. NIM 4182111029 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 4182111029 APPENDICES.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 9. NIM 4182111029 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4182111029 CHAPTER I.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of 10. NIM 4182111029 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 4182111029 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 4182111029 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 4182111029 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[thumbnail of 12. NIM 4182111029 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 4182111029 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM 4182111029 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4182111029 CHAPTER V.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 14. NIM 4182111029 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4182111029 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 15. NIM 4182111029 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 4182111029 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan E-LKPD dengan menggunakan pendekatan matematika realistik yang valid, praktis, dan efektif sehingga meningkatkan kemampuan peserta didik dalam komunikasi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi E-LKPD, tes kemampuan komunikasi matematis (pretest dan posttest), dan lembar validasi instrumen tes. Setelah instrumen dan E-LKPD dinyatakan valid oleh dosen validator ahli media dan juga ahli materi, kemudian dilanjutkan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Penjelasan temuan penelitian, yaitu: (1) E-LKPD dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan memenuhi persyaratan kevalidan dari validator dengan persentase rata-rata validasi E-LKPD pada ahli materi sebesar 3,64 dan ahli media sebesar 3,86 dengan kategori sangat layak (SL), (2) E-LKPD dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan memenuhi persyaratan kepraktisan berdasarkan hasil angket respon siswa dan guru yang berada pada kategori rentang 76%-100% dan dikategorikan sangat praktis, (3) E-LKPD dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu (a) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,63%, (b) rata-rata ketuntasan belajar individual sebesar 87,5 yang artinya telah tercapai indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran, (c) waktu pembelajaran menggunakan E-LKPD sama dengan waktu pembelajaran biasa, juga respon siswa positif, dan (d) kemampuan komunikasi siswa setelah mengaplikasikan E-LKPD mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest sebesar 48,26 menjadi 87,5 pada rata-rata nilai posttest dan hasil analisis N-Gain memaparkan bahwa keterampilan pemecahan masalah matematis siswa mengalami kenaikan sebesar 0,78 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-LKPD, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, SMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 17 Oct 2025 09:36
Last Modified: 17 Oct 2025 09:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65381

Actions (login required)

View Item
View Item