Aprilia, Ega (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 14 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4182111029 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4182111029 COVER.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4182111029 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4182111029 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 3. NIM 4182111029 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4182111029 ABSTRACT.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4182111029 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4182111029 PREFACE.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4182111029 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4182111029 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4182111029 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4182111029 ILLUSTRATION.pdf
Download (180kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4182111029 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4182111029 TABLES.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4182111029 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4182111029 APPENDICES.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4182111029 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4182111029 CHAPTER I.pdf
Download (709kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4182111029 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4182111029 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NIM 4182111029 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4182111029 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (959kB)
![[thumbnail of 12. NIM 4182111029 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4182111029 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 13. NIM 4182111029 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4182111029 CHAPTER V.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4182111029 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4182111029 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (335kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4182111029 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4182111029 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendapatkan E-LKPD dengan menggunakan pendekatan matematika realistik yang valid, praktis, dan efektif sehingga meningkatkan kemampuan peserta didik dalam komunikasi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi E-LKPD, tes kemampuan komunikasi matematis (pretest dan posttest), dan lembar validasi instrumen tes. Setelah instrumen dan E-LKPD dinyatakan valid oleh dosen validator ahli media dan juga ahli materi, kemudian dilanjutkan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Penjelasan temuan penelitian, yaitu: (1) E-LKPD dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan memenuhi persyaratan kevalidan dari validator dengan persentase rata-rata validasi E-LKPD pada ahli materi sebesar 3,64 dan ahli media sebesar 3,86 dengan kategori sangat layak (SL), (2) E-LKPD dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan memenuhi persyaratan kepraktisan berdasarkan hasil angket respon siswa dan guru yang berada pada kategori rentang 76%-100% dan dikategorikan sangat praktis, (3) E-LKPD dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu (a) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,63%, (b) rata-rata ketuntasan belajar individual sebesar 87,5 yang artinya telah tercapai indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran, (c) waktu pembelajaran menggunakan E-LKPD sama dengan waktu pembelajaran biasa, juga respon siswa positif, dan (d) kemampuan komunikasi siswa setelah mengaplikasikan E-LKPD mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest sebesar 48,26 menjadi 87,5 pada rata-rata nilai posttest dan hasil analisis N-Gain memaparkan bahwa keterampilan pemecahan masalah matematis siswa mengalami kenaikan sebesar 0,78 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-LKPD, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, SMP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 09:36 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65381 |