UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO

Sembiring, Dewi Maya (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 4182111035 COVER.pdf] Text
1. NIM 4182111035 COVER.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 2. NIM 4182111035 APROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4182111035 APROVAL SHEET.pdf

Download (724kB)
[thumbnail of 3. NIM 4182111035 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4182111035 ABSTRACT.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4. NIM 4182111035 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4182111035 PREFACE.pdf

Download (751kB)
[thumbnail of 5. NIM 4182111035 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4182111035 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 6. NIM 4182111035 TABLES.pdf] Text
6. NIM 4182111035 TABLES.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 7. NIM 4182111035 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 4182111035 ILLUSTRATION.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 8. NIM 4182111035 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 4182111035 APPENDICES.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 9. NIM 4182111035 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4182111035 CHAPTER I.pdf

Download (891kB)
[thumbnail of 10. NIM 4182111035 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 4182111035 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 4182111035 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 4182111035 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[thumbnail of 12. NIM 4182111035 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 4182111035 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 13. NIM 4182111035 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4182111035 CHAPTER V.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 14. NIM 4182111035 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4182111035 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 15. NIM 4182111035 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 4182111035 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar matematika siswa kelas VIII-1 SMPN 31 Medan masih tergolong rendah. Untuk mengatasi kondisi tersebut sangan diperlukan berbagai upaya yang dapat mengatasi masalah mengenai rendahnya hasil belajar matematika siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe the Power of Two. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas 2 pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 31 Medan yang terdiri atas 32 orang siswa. Objek pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe the Power of Two pada kelas VIII-1 SMPN 31 Medan.
Setelah penelitian dilaksanakan pada kelas tersebut, maka diperoleh hasil analisis bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan rata-rata nilainya pada siklus I adalah 76,1 menjadi 87,7 pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan secara klasikal meningkat dari siklus I yaitu 71,8% menjadi 87,5% pada siklus II, sehingga berdasarkan pada hasil analisis tersebut diperoleh bahwa penelitian ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Berdasarkan hasil yang dipaparkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII-1 SMPN 31 Medan meningkat setelah diterapkan upaya-upaya yang dilakukan guru melalui model pembelajaran Kooperatif tipe the Power of Two yaitu dengan menyajikan materi secara menarik menggunakan powerpoint serta alat peraga sederhana, membentuk kelompok yang heterogen, mengajak siswa membuat berbagai jenis jaring-jaring bangun ruang sisi datar melalui kertas karton, melatih kemampuan siswa dengan memberikan pertanyaan dan LKPD, mengarahakan siswa yang memiliki pemahaman yang lebih tinggi untuk berbagi informasi kepada pasangan kelompoknya, meminta kelompok lain berkunjung ke kelompok yang masih salah dan diberikan reward (hadiah), memperbanyak sesi tanya, menjanjikan reward (hadiah) bagi yang aktif berpendapat dan menjawab dengan benar. 2) setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe the Power of Two, hasil belajar matematika siswa telah mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: The Power of Two, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 17 Oct 2025 09:18
Last Modified: 17 Oct 2025 09:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65379

Actions (login required)

View Item
View Item