Panggabean, Corry Patrisia (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP SWASTA R.A KARTINI TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4181111029 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4181111029 COVER.pdf
Download (251kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4181111029 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4181111029 APPROVAL SHEET.pdf
Download (544kB)
![[thumbnail of 3. NIM 4181111029 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4181111029 ABSTRACT.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4181111029 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4181111029 PREFACE.pdf
Download (305kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4181111029 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4181111029 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4181111029 iLLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4181111029 iLLUSTRATION.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4181111029 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4181111029 TABLES.pdf
Download (274kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4181111029 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4181111029 APPENDICES.pdf
Download (273kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4181111029 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4181111029 CHAPTER I.pdf
Download (892kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4181111029 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4181111029 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NIM 4181111029 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4181111029 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (883kB)
![[thumbnail of 12. NIM 4181111029 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4181111029 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 13. NIM 4181111029 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4181111029 CHAPTER V.pdf
Download (274kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4181111029 BIBLIOGRPAHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4181111029 BIBLIOGRPAHY.pdf
Download (575kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4181111029 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4181111029 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem Based Learning dengan berbantuan media Quizizz di kelas VII SMP Swasta R.A Kartini Tebing Tinggi Tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta R.A Kartini Tebing Tinggi yang berjumlah 30 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah lembar observasi guru dan siswa tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroon action research) yang terdiri dari 2 siklus, masing mmasing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari tes awal siklus I dan siklus II. Pada tes awal secara klasikal diperoleh 3 siswa (10%) tuntas dan rata-rata kemampuan tes awal ialah 46,39 dengan tingkat kemampuan kategori sangat kurang. Pada tes siklus I mengalami peningkatan secara klasikal diperoleh 16 siswa (53,33%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 69,44 dengan tingkatkemampuan kategori cukup. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan pula secara klasikal diperoleh 27 siswa (90%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 86,67 dengan tingkat kemampuan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan media Quizizz dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Swasta R.A Kartini Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 09:01 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 09:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65378 |