Tambunan, Tania Dea Alvita (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4181111039 COVER.pdf
Download (7MB)
2. 4181111039 APPROVAL SHEET.pdf
Download (6MB)
3. 4181111039 ABSTRACT.pdf
Download (6MB)
4. 4181111039 PREFACE.pdf
Download (6MB)
5. 4181111039 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (6MB)
6. 4181111039 ILLUSTRATION.pdf
Download (6MB)
7. 4181111039 TABLES.pdf
Download (6MB)
8. 4181111039 APPENDICES.pdf
Download (6MB)
9. 4181111039 CHAPTER I.pdf
Download (6MB)
10. 4181111039 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
11. 4181111039 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
12. 4181111039 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
13. 4181111039 CHAPTER V.pdf
Download (6MB)
14. 4181111039 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (6MB)
15. 4181111039 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah kemampuan literasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek adalah 36 siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan. Pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra merupakan objek penelitian. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus. Siklus Pertama dan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui tes awal, observasi, tes kemampuan literasi matematis I dan II dan dokumentasi. Perolehan skor rata-rata siswa pada tes kemampuan awal adalah 51,53 berada pada kriteria rendah dan presentase ketuntasan sebesar 30,56%. Namun meningkat setelah diberikannya tindakan pada siklus I. Perolehan nilai rata-rata siswa adalah 69,18 berada pada kriteria baik dan presentase ketuntasan sebesar 61,11%. Telah terjadi peningkatan, tetapi penelitian ini belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga dilaksanakan siklus kedua. Perolehan nilai rata-rata siklus I adalah 79,40 berada pada kriteria baik dan presentase ketuntasan 88,89%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra diterapkan, kemampuan literasi matematis dan presentase ketuntasan mengalami peningkatan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan Literasi Matematis, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Geogebra |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 08:29 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 08:29 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65374 |
