Hirza, Salsabila (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ASAM- BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4191131031 COVER.pdf
Download (115kB)
2. NIM 4191131031 APPROVAL SHEET.pdf
Download (572kB)
3. NIM 4191131031 ABSTRACT.pdf
Download (61kB)
4. NIM 4191131031 PREFACE.pdf
Download (348kB)
5. NIM 4191131031 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (253kB)
6. NIM 4191131031 ILLUSTRATION.pdf
Download (130kB)
7. NIM 4191131031 TABLES.pdf
Download (117kB)
8. NIM 4191131031 APPENDICES.pdf
Download (117kB)
9. NIM 4191131031 CHAPTER I.pdf
Download (282kB)
10. NIM 4191131031 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (931kB)
11. NIM 4191131031 CHPATER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (666kB)
12. NIM 4191131031 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (760kB)
13. NIM 4191131031 CHAPTER V.pdf
Download (60kB)
14. NIM 4191131031 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (250kB)
15. NIM 4191131031 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa dan mengetahui kelayakan instrumen evaluasi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Sampel dalam penelitian yaitu 36 siswa kelas XI A di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian memberikan produk akhir berupa 25 soal yang baik dari rancangan awal produk 40 butir. Butir dikatakan baik karena telah valid dan memiliki nilai reliabilitas 0,815 dengan kategori sangat tinggi. Daya pembeda dengan persentase 94% kategori baik, dan 47% tingkat kesukaran soal pada kategori sedang. Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa mencapai 42% dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari persentase jawaban pada soal level kognitif menganalisis (C4) sebesar 36%, mengevaluasi (C5)sebesar 52%, dan mengkreasi (C6) sebesar 12%. Melalui beberapa uji kelayakan tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi yang dikembangkan baik digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada
materi asam basa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Instrumen Evaluasi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Asam Basa |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 07:14 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 07:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65365 |
