PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ASAM- BASA

Hirza, Salsabila (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ASAM- BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4191131031 COVER.pdf] Text
1. NIM 4191131031 COVER.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 2. NIM 4191131031 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4191131031 APPROVAL SHEET.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of 3. NIM 4191131031 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4191131031 ABSTRACT.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4. NIM 4191131031 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4191131031 PREFACE.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 5. NIM 4191131031 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4191131031 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 6. NIM 4191131031 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM 4191131031 ILLUSTRATION.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 7. NIM 4191131031 TABLES.pdf] Text
7. NIM 4191131031 TABLES.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 8. NIM 4191131031 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 4191131031 APPENDICES.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 9. NIM 4191131031 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4191131031 CHAPTER I.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 10. NIM 4191131031 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 4191131031 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[thumbnail of 11. NIM 4191131031 CHPATER III.pdf] Text
11. NIM 4191131031 CHPATER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[thumbnail of 12. NIM 4191131031 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 4191131031 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[thumbnail of 13. NIM 4191131031 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4191131031 CHAPTER V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 14. NIM 4191131031 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4191131031 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 15. NIM 4191131031 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 4191131031 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa dan mengetahui kelayakan instrumen evaluasi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Sampel dalam penelitian yaitu 36 siswa kelas XI A di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian memberikan produk akhir berupa 25 soal yang baik dari rancangan awal produk 40 butir. Butir dikatakan baik karena telah valid dan memiliki nilai reliabilitas 0,815 dengan kategori sangat tinggi. Daya pembeda dengan persentase 94% kategori baik, dan 47% tingkat kesukaran soal pada kategori sedang. Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa mencapai 42% dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari persentase jawaban pada soal level kognitif menganalisis (C4) sebesar 36%, mengevaluasi (C5)sebesar 52%, dan mengkreasi (C6) sebesar 12%. Melalui beberapa uji kelayakan tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi yang dikembangkan baik digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada
materi asam basa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Instrumen Evaluasi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Asam Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:14
Last Modified: 17 Oct 2025 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65365

Actions (login required)

View Item
View Item