Marbun, Rosalya (2023) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1 NIM 4193331035 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 NIM 4193331035 COVER.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 2 NIM 4193331035 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2 NIM 4193331035 APPROVAL SHEET.pdf
Download (535kB)
![[thumbnail of 3 NIM 4193331035 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 NIM 4193331035 ABSTRACT.pdf
Download (320kB)
![[thumbnail of 4 NIM 4193331035 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4 NIM 4193331035 PREFACE.pdf
Download (219kB)
![[thumbnail of 5 NIM 4193331035 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5 NIM 4193331035 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (253kB)
![[thumbnail of 6 NIM 4193331035 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 NIM 4193331035 ILLUSTRATION.pdf
Download (194kB)
![[thumbnail of 7 NIM 4193331035 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7 NIM 4193331035 TABLES.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 8 NIM 4193331035 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8 NIM 4193331035 APPENDICES.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of 9 NIM 4193331035 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9 NIM 4193331035 CHAPTER I.pdf
Download (408kB)
![[thumbnail of 10 NIM 4193331035 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10 NIM 4193331035 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11 NIM 4193331035 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11 NIM 4193331035 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (616kB)
![[thumbnail of 12 NIM 4193331035 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12 NIM 4193331035 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (570kB)
![[thumbnail of 13 NIM 4193331035 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13 NIM 4193331035 CHAPTER V.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 14 NIM 4193331035 BIBLIOGRPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14 NIM 4193331035 BIBLIOGRPHY.pdf
Download (358kB)
![[thumbnail of 15 NIM 4193331035 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15 NIM 4193331035 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan Inkuiri terbimb=ing yang dilengkapi dengan video animasi pada materi laju reaksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Free Methodist Medan yang terdiri dari 2 kelas. Pegambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sample. Kelas XI IPA 1 dijadikan kelas eksperimen I dan Kelas XI IPA 2 dijadikan kelas eksperimen II masing-masing kelas berjumlah 26 orang. Di kelas eksperimen I diberikan perlakuan pembelajaran dengan model Problem based learning berbantuan video animasi, di kelas eksperimen II diberikan perlakuan pembelajaran dengan Inkuiri Terbimbing dilengkapi dengan video animasi. Pada pertemuan awal dilakukan pretest dan pada pertemuan terakhir dilakukan posttest. Data aktivitas belajar siswa dijaring dengan instrument non tes,sedang data hasil belajar dijaring dengan instrument tes berupa tes objektif bentuk pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Uji hipotesis berupa uji beda rataan aktivitas dan hasil belajar untuk kedua kelompok perlakuan dilakukan dengan uji -t (uji dua pihak) pada α =0,05, sedangkan uji pembanding terhadap Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dilakukan dengan uji t satu pihak pada � = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rataan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan video animasi dibandingkan dengan model inkuiri terbimbing yang juga dilengkapi video animasi pada materi laju reaksi. Rataan aktivitas dan nilai hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (PBL) secara signifikan lebih tinggi daripada model inkuiri terbimbing. Selanjutnya diperoleh bahwa Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning (PBL) maupun dengan menggunakan model inkuiri terbimbing yang dilengkapi media video animasi secara signifikan lebih tinggi dari KKM. Rataan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan video animasi sebesar 77,75 sedangkan pada model inkuiri terbimbing sebesar 75,17. Rataan nilai hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan video animasi adalah 81,54 sedangkan pada model inkuiri terbimbing diperoleh sebesar 72,69.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | PBL, Inkuiri Terbimbing, Aktivitas belajar, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 03:44 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65363 |