Pengaruh Metode pembelajaran Drill (Latihan) Berbantuan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Celana Panjang Wanita Kelas X SMK Negeri 1 Stabat

Syafitri, Amalia (2019) Pengaruh Metode pembelajaran Drill (Latihan) Berbantuan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Celana Panjang Wanita Kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 5122141001 COVER.pdf] Text
01. NIM 5122141001 COVER.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 02. NIM 5122141001 APPROVAL SHEET.pdf] Text
02. NIM 5122141001 APPROVAL SHEET.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of 03. NIM 5122141001 ABSTRACT.pdf] Text
03. NIM 5122141001 ABSTRACT.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 04. NIM 5122141001 PREFACE.pdf] Text
04. NIM 5122141001 PREFACE.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 05. NIM 5122141001 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
05. NIM 5122141001 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 06. NIM 5122141001 PICTURES.pdf] Text
06. NIM 5122141001 PICTURES.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 07. NIM 5122141001 TABLE.pdf] Text
07. NIM 5122141001 TABLE.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 08. NIM 5122141001 APPENDICES.pdf] Text
08. NIM 5122141001 APPENDICES.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 09. NIM 5122141001 CHAPTER I.pdf] Text
09. NIM 5122141001 CHAPTER I.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 10. NIM 5122141001 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 5122141001 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 11. NIM 5122141001 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 5122141001 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[thumbnail of 12. NIM 5122141001 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 5122141001 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[thumbnail of 13. NIM 5122141001 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5122141001 CHAPTER V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 14. NIM 5122141001 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5122141001 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 15. NIM 5122141001 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 5122141001 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar pembuatan pola celana panjang wanita tanpa menggunakan metode drill (latihan) berbantuan media flipchart, 2) Untuk mengetahui hasil belajar pembuatan pola celana panjang wanita dengan menggunakan metode drill (latihan) berbantuan media flipchart, dan juga (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode drill (latihan) berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar pembuatan pola celana panjang wanita. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan populasi seluruh kelas X sebanyak 2 kelas berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling. Sampel sebanyak 2 kelas dengan jumlah 70 siswa, kelas X BB1 dan kelas X BB2 masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan yang divalidasikan oleh validator yang kompeten. Pengamatan diamati oleh beberapa Pengamat yang ahli dalam bidangnya. Pengamatan dinilai dengan pemberian skor dengan bobot 4, 3, 2, dan 1. Teknik analisis data menggunakan rumus mean, standar deviasi, uji kecenderungan, uji kesepakatan pengamat, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata= 87 dan untuk kelas kontrol dengan nilai rata-rata= 77. Hasil uji normalitas data hasil belajar siswa kelas eksperimen berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel (0,071 < 0,150) dan data hasil belajar siswa kelas kontrol berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel (0,1373 < 0,1500) dan kedua varians data adalah homogen karena Fhitung < Ftabel yaitu 0,45 < 1,69. Dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada pembuatan pola celana panjang wanita menggunakan model pembelajaran konvensional cenderung rendah sebanyak 86%, (2) Hasil belajar siswa pada pembuatan pola celana dengan menggunakan metode drill berbantuan media flipchart cenderung tinggi sebanyak 74%, dan (3) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran drill (latihan) berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar pembuatan pola celana panjang wanita yang dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 33,3 > 1,669 dengan kata lain hipotesa Ha yang berbunyi: “Pengaruh Metode pembelajaran Drill (Latihan) Berbantuan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Celana Panjang Wanita kelas X SMK Negeri 1 Stabat”, diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Drill (Latihan); Flipchart; Pola Celana Panjang Wanita
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Oct 2025 03:43
Last Modified: 15 Oct 2025 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65337

Actions (login required)

View Item
View Item