Lesmana, Samuel (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141121026 COVER.pdf
Download (39kB)
2. NIM. 5141121026 APPROVAL SHEET.pdf
Download (126kB)
3. NIM. 5141121026 ABSTRACT.pdf
Download (70kB)
4. NIM. 5141121026 PREFACE.pdf
Download (67kB)
5. NIM. 5141121026 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (59kB)
6. NIM. 5141121026 TABLES.pdf
Download (38kB)
7. NIM. 5141121026 ILUSTRATION.pdf
Download (38kB)
8. NIM. 5141121026 APPENDICES.pdf
Download (64kB)
9. NIM. 5141121026 CHAPTER I.pdf
Download (314kB)
10. NIM. 5141121026 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (697kB)
11. NIM. 5141121026 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (296kB)
12. NIM. 5141121026 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (483kB)
13. NIM. 5141121026 CHAPTER V.pdf
Download (66kB)
14. NIM. 5141121026 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (83kB)
15. NIM. 5141121026 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MP-1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, dimana pada setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data pada siklus I, diperoleh bahwa dari 35 siswa terdapat 23 siswa (65,71%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 12 siswa (34,29%) belum tuntas hasil belajarnya dengan nilai rata-rata kelasnya mencapai 71,28. Pada siklus II, siswa yang tuntas hasil belajaranya menjadi 27 siswa (77,14%) dan 8 siswa (22,86%) yang belum mencapai ketuntasan belajarnya dengan nilai rata-rata kelas menjadi 77,14. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MP-1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang pada mata pelajaran menggambar teknik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | belajar; model; Example Non Example |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > D3 Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 01:32 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 01:32 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65325 |
