Lesmana, Wahyu (2019) Hubungan Antara Aktivitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kutalimbaru. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5143122027 COVER.pdf
Download (61kB)
2. NIM 5143122027 APPROVAL SHEET.pdf
Download (624kB)
3. NIM 5143122027 ABSTRAK.pdf
Download (240kB)
4. NIM 5143122027 PREFACE.pdf
Download (306kB)
5. NIM 5143122027 TABLES OF CONTENT.pdf
Download (266kB)
6. NIM 5143122027 TABLES.pdf
Download (239kB)
7. NIM 5143122027 PICTURE.pdf
Download (208kB)
8. NIM 5143122027 APPENDICES.pdf
Download (237kB)
9. NIM 5143122027 CHAPTER I.pdf
Download (702kB)
10. NIM 5143122027 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (899kB)
11. NIM 5143122027 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 5143122027 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 5143122027 CHAPTER V.pdf
Download (241kB)
14. NIM 5143122027 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (242kB)
15. NIM 5143122027 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara aktivitas belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeiharaan alat ukur pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kutalimbaru Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrumen observasi pengamatan, angket model Likert dan tes hasil belajar . Jumlah populasi 105 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 51 siswa, cara pengambilan sampel dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan Koefisien Kesepakatan. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi korelasi Product Moment korelasi parsial dan korelasi ganda dengan bantuan program SPSS 22. Dari hasil analisis pada N = 51 taraf signifikan 5 % diperoleh rtabel = 0,2759 hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,3683 dan rparsial = 0,3605, hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,6158 dan rparsial = 0,8796, hubungan antara aktivias belajar belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar dasar pengukuran diperoleh rhitung = 0,3686. Dengan demikian maka variabel aktivitas belajar, kemandirian belajar dan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan kemandirian belajar belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | aktivitas belajar; kemandirian belajar; hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 02:48 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 02:48 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65310 |
