Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Solving Dan Decision Making Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Kelas XI Di SMK Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2018/2019

Sinaga, Jensen R. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Solving Dan Decision Making Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Kelas XI Di SMK Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5143122015 COVER.pdf] Text
1. NIM 5143122015 COVER.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 2. NIM 5143122015 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5143122015 APPROVAL SHEET.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 3. NIM 5143122015 ABSTRAK.pdf] Text
3. NIM 5143122015 ABSTRAK.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 4. NIM 5143122015  PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5143122015 PREFACE.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 5. NIM 5143122015 TABLES OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5143122015 TABLES OF CONTENT.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 6. NIM 5143122015 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5143122015 TABLES.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 7. NIM 5143122015 PICTURE.pdf] Text
7. NIM 5143122015 PICTURE.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 8. NIM 5143122015 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5143122015 APPENDICES.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 9. NIM 5143122015 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5143122015 CHAPTER I.pdf

Download (751kB)
[thumbnail of 10. NIM 5143122015  CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 5143122015 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 5143122015  CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 5143122015 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 5143122015  CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 5143122015 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[thumbnail of 13. NIM 5143122015 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5143122015 CHAPTER V.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of 14. NIM 5143122015 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5143122015 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of 15. NIM 5143122015 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 5143122015 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga kendaraan ringan kelas XI SMK Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Model Decision Making terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Yapim Taruna Sei Rotan, yang beralamat di Jalan Medan-Batang Kuis, Dusun VIII Sei Rotan Kec. Percut Sei Tuan Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 49 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI TKR-1 sebagai kelas Eksperimen 2 yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Decision Making dan kelas XI TKR-2 sebagai kelas Eksperimen 1 yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga kendaraan ringan berupa obyektif 28 soal dengan 5 pilihan option. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan nilai rat-rata, varians, menghitung uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t ng hitu > t tabel pada  = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian data post test kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai post test sebesar 76,92 dan standar deviasi 7,73 sedangkan nilai rata-rata post test kelas Eksperimen 2 sebesar 70,34 dengan standar deviasi 6,03. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Problem solving dan Decision Making terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga kendaraan ringan dalam dua kelompok belajar dimana hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih tinggi dari kelas Eksperimen 2. Data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh t ng hitu sebesar 3,938 dan ttabel sebesar 2,009 pada taraf  = 0,05, setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh bahwa t ng t tabel > hitu atau 3,938 > 2,009 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Problem solving dan Decision Making pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas XI SMK Swasta Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Problem Solving; Decision Making Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Oct 2025 02:44
Last Modified: 14 Oct 2025 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65309

Actions (login required)

View Item
View Item