Ramadhan, M. Fariz (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor Di Smk Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 5143122017 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 5143122017 COVER.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of 2. NIM 5143122017 APROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 5143122017 APROVAL SHEET.pdf
Download (577kB)
![[thumbnail of 3. NIM 5143122017 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 5143122017 ABSTRACT.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of 4. NIM 5143122017 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 5143122017 PREFACE.pdf
Download (366kB)
![[thumbnail of 5. NIM 5143122017 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 5143122017 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (286kB)
![[thumbnail of 6. NIM 5143122017 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 5143122017 TABLES.pdf
Download (230kB)
![[thumbnail of 7. NIM 5143122017 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 5143122017 ILLUSTRATION.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 8. NIM 5143122017 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 5143122017 APPENDICES.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 9. NIM 5143122017 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 5143122017 CHAPTER I.pdf
Download (665kB)
![[thumbnail of 10. NIM 5143122017 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 5143122017 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (938kB)
![[thumbnail of 11. NIM 5143122017 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 5143122017 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM 5143122017 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 5143122017 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (915kB)
![[thumbnail of 13. NIM 5143122017 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 5143122017 CHAPTER V.pdf
Download (230kB)
![[thumbnail of 14. NIM 5143122017 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 5143122017 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (362kB)
![[thumbnail of 15. NIM 5143122017 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 5143122017 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran project based learning dan problem based learning terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif pada siswa kelas X kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. Penelitan ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif berupa pilihan ganda 24 soal dengan 5 alternatif pilihan, untuk mengukur hasil belajar psikomotorik pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif berupa observasi. Teknik analisis data melalui uji normalitas dengan menggunakan Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan Fischer. Analisis data tersebut dilanjutkan dengan uji t. Dengan kriteria hipotesis diterima apabila menunjukkan thitung> ttabel pada = 0,05. Berdasarkan penelitian data posttes pada ranah kognitif thitung = 2,105 sedangkan nilai ttabel = 2,026 sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka dengan ini Ho ditolak. Data posttes pada ranah psikomotorik thitung = 2,533 sedangkan nilai ttabel = 2,026 sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka dengan ini Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang lebih tingggi dan signifikan menggunakan model pembelajaran project based learning dibandingkan menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar teknologi dasar otomtoif di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran; project based learning; problem based learning; hasil belajar; teknologi; dasar otomotif |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 02:35 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65307 |