Ramadhan, M. Fariz (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor Di Smk Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5143122017 COVER.pdf
Download (258kB)
2. NIM 5143122017 APROVAL SHEET.pdf
Download (577kB)
3. NIM 5143122017 ABSTRACT.pdf
Download (276kB)
4. NIM 5143122017 PREFACE.pdf
Download (366kB)
5. NIM 5143122017 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (286kB)
6. NIM 5143122017 TABLES.pdf
Download (230kB)
7. NIM 5143122017 ILLUSTRATION.pdf
Download (228kB)
8. NIM 5143122017 APPENDICES.pdf
Download (256kB)
9. NIM 5143122017 CHAPTER I.pdf
Download (665kB)
10. NIM 5143122017 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (938kB)
11. NIM 5143122017 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 5143122017 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (915kB)
13. NIM 5143122017 CHAPTER V.pdf
Download (230kB)
14. NIM 5143122017 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (362kB)
15. NIM 5143122017 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran project based learning dan problem based learning terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif pada siswa kelas X kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. Penelitan ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif berupa pilihan ganda 24 soal dengan 5 alternatif pilihan, untuk mengukur hasil belajar psikomotorik pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif berupa observasi. Teknik analisis data melalui uji normalitas dengan menggunakan Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan Fischer. Analisis data tersebut dilanjutkan dengan uji t. Dengan kriteria hipotesis diterima apabila menunjukkan thitung> ttabel pada = 0,05. Berdasarkan penelitian data posttes pada ranah kognitif thitung = 2,105 sedangkan nilai ttabel = 2,026 sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka dengan ini Ho ditolak. Data posttes pada ranah psikomotorik thitung = 2,533 sedangkan nilai ttabel = 2,026 sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka dengan ini Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang lebih tingggi dan signifikan menggunakan model pembelajaran project based learning dibandingkan menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar teknologi dasar otomtoif di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan T.A 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | model pembelajaran; project based learning; problem based learning; hasil belajar; teknologi; dasar otomotif |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 02:35 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 02:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65307 |
