Mungkur, Lamhot Saut (2019) Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Di Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5142122002 COVER.pdf
Download (38kB)
2. NIM 5142122002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (284kB)
3. NIM 5142122002 ABSTRACT.pdf
Download (167kB)
4. NIM 5142122002 PREFACE.pdf
Download (178kB)
5. NIM 5142122002 TABLES OF CONTENT.pdf
Download (59kB)
6. NIM 5142122002 TABLES.pdf
Download (32kB)
7. NIM 5142122002 ILLUSTRATION.pdf
Download (31kB)
8. NIM 5142122002 APPENDICES.pdf
Download (32kB)
9. NIM 5142122002 CHAPTER I.pdf
Download (479kB)
10. NIM 5142122002 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (625kB)
11. NIM 5142122002 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (546kB)
12. NIM 5142122002 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (997kB)
13. NIM 5142122002 CHAPTER V.pdf
Download (160kB)
14. NIM 5142122002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (291kB)
15. NIM 5142122002 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri Binaan ProvsuTahun Ajaran 2018/2019. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melelui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan, tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri Binaan Provsu terdiri dari 24 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pilihan berganda. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatakan hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan Tes pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) maka didapat ketuntasan pada hasil belajar 70,8% dengan rata-rata nilai 72,5. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa baik dari ketuntasan maupun nilai rata-rata. Pada tindakan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) bahwa perolehan nilai semakin meningkat yaitu 87,5% ketuntasan dan nilai rata-rata 80. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif siswa kelas X TKR SMK N Binaan Provsu Tahun Ajaran 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD); Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Siswa |
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001 Transportation engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 02:26 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 02:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65305 |
