Sitio, Jonathan (2019) Hubungan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teknik Pembubutan Kelas XI Teknik Permesinan di Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5133321010 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5133321010 COVER.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5133321010 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5133321010 APPROVAL SHEET.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5133321010 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5133321010 ABSTRACT.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5133321010 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5133321010 PREFACE.pdf
Download (180kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5133321010 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5133321010 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5133321010 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5133321010 TABLES.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5133321010 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5133321010 ILLUSTRATION.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5133321010 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5133321010 APPENDICES.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5133321010 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5133321010 CHAPTER I.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5133321010 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5133321010 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (992kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5133321010 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5133321010 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (692kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5133321010 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5133321010 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (578kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5133321010 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5133321010 CHAPTER V.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5133321010 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5133321010 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (266kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5133321010 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5133321010 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui besarnya hubungan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar keterampilan membubut. (2) untuk mengetahui besarnya hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar keterampilan membubut.(3) untuk mengetahui besarnya hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar keterampilan membubut.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 89 orang. Untuk menjadi sampel penilitian adalah 89 orang. Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Yakni siswa kelas XI MP 1 SMK N 5 Medan sebanyak 30 orang. Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian korelasional. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubunganantara fasilitas belajar dengan hasil belajar keterampilan membubut dengan koefisien korelasi 0.752 dengan level siginifkansi alpha sebesar 0,05. (2) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar keterampilan membubut dengan koefisien korelasi 0.719 dengan level siginifkansi alpha sebesar 0,05. (3) terdapat hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar keterampilan membubut dengan korelasi 0.637 dengan level siginifkansi alpha sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar dan motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan membubut. Dengan demikian sekolah perlu melengkapi fasilitas belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membubutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Fasilitas Belajar; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Keterampilan Membubut |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 01:26 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 01:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65299 |