Sitio, Jonathan (2019) Hubungan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teknik Pembubutan Kelas XI Teknik Permesinan di Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133321010 COVER.pdf
Download (119kB)
2. NIM. 5133321010 APPROVAL SHEET.pdf
Download (245kB)
3. NIM. 5133321010 ABSTRACT.pdf
Download (139kB)
4. NIM. 5133321010 PREFACE.pdf
Download (180kB)
5. NIM. 5133321010 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (60kB)
6. NIM. 5133321010 TABLES.pdf
Download (110kB)
7. NIM. 5133321010 ILLUSTRATION.pdf
Download (109kB)
8. NIM. 5133321010 APPENDICES.pdf
Download (32kB)
9. NIM. 5133321010 CHAPTER I.pdf
Download (301kB)
10. NIM. 5133321010 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (992kB)
11. NIM. 5133321010 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (692kB)
12. NIM. 5133321010 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (578kB)
13. NIM. 5133321010 CHAPTER V.pdf
Download (165kB)
14. NIM. 5133321010 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (266kB)
15. NIM. 5133321010 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui besarnya hubungan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar keterampilan membubut. (2) untuk mengetahui besarnya hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar keterampilan membubut.(3) untuk mengetahui besarnya hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar keterampilan membubut.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 89 orang. Untuk menjadi sampel penilitian adalah 89 orang. Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Yakni siswa kelas XI MP 1 SMK N 5 Medan sebanyak 30 orang. Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian korelasional. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubunganantara fasilitas belajar dengan hasil belajar keterampilan membubut dengan koefisien korelasi 0.752 dengan level siginifkansi alpha sebesar 0,05. (2) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar keterampilan membubut dengan koefisien korelasi 0.719 dengan level siginifkansi alpha sebesar 0,05. (3) terdapat hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar keterampilan membubut dengan korelasi 0.637 dengan level siginifkansi alpha sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar dan motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan membubut. Dengan demikian sekolah perlu melengkapi fasilitas belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membubutnya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Fasilitas Belajar; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Keterampilan Membubut |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 01:26 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 01:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65299 |
