Pandiangan, Jhony (2019) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Bubut Di Kelas XI SMK N 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5133121021 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5133121021 COVER.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5133121021 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5133121021 APPROVAL SHEET.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5133121021 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5133121021 ABSTRACT.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5133121021 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5133121021 PREFACE.pdf
Download (215kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5133121021 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5133121021 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5133121021 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5133121021 TABLES.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5133121021 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5133121021 ILLUSTRATION.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5133121021 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5133121021 APPENDICES.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5133121021 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5133121021 CHAPTER I.pdf
Download (371kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5133121021 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5133121021 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (721kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5133121021 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5133121021 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (490kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5133121021 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5133121021 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (905kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5133121021 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5133121021 CHAPTER V.pdf
Download (205kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5133121021 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5133121021 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5133121021 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5133121021 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada kompetensi Teknik Permesinan Bubut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mata pelajaran Teknik Permesinan Bubut pada kompetensi dasar menggunakan mesin bubut untuk berbagai jenis pekerjaan di kelas XI SMK N 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK N 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019, yang berjumlah 31 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Teknik Permesinan Bubut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan posttest dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 22 siswa (70,97%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 9 siswa (29,03%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 71,77 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 70,97%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh 26 siswa (83,87%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (16,13%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,61 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 83,87%. Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I ke posttest siklus II. Dikarenakan kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division(STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI pada kompetensi dasar menggunakan mesin bubut untuk berbagai jenis pekerjaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar Teknik Permesinan Bubut |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 01:20 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 01:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65298 |