Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Instruction Pada Mata Pelajaran Alat Ukur Kelas X TKR 2 SMK Swasta Istiqlal Deli Tua

Dana, Rahmad (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Instruction Pada Mata Pelajaran Alat Ukur Kelas X TKR 2 SMK Swasta Istiqlal Deli Tua. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123321027 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5123321027 COVER.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5123321027 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5123321027 APPROVAL SHEET.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5123321027 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5123321027 ABSTRACT.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5123321027 PREFACE .pdf] Text
4. NIM. 5123321027 PREFACE .pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5123321027 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5123321027 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5123321027 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5123321027 LIST OF TABLES.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5123321027 LIST OF FIGURES.pdf] Text
7. NIM. 5123321027 LIST OF FIGURES.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5123321027 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5123321027 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5123321027 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5123321027 CHAPTER I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5123321027 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5123321027 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5123321027 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5123321027 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5123321027 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5123321027 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5123321027 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5123321027 CHAPTER V.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5123321027 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5123321027 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5123321027 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5123321027 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Alat Ukur Pada siswa kelas X TKR 2 di SMK Swasta Istiqlal Deli Tua dengan menerapkan Model Problem Based Instruction. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 2 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu tes hasil belajar alat ukur di uji cobakan. Hasil penelitian dengan menerapkan Model Problem Based Instruction pada siklus I aktivitas belajar siswa sedikit mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II aktivitas siswa meningkat. Dimana aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori Cukup adalah sebanyak 23 orang siswa, kategori Tinggi adalah sebanyak 5 orang siswa, kategori Kurang adalah sebanyak 1 orang siswa, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu untuk kategori Tinggi adalah sebanyak 23 orang siswa dan kategori Cukup adalah sebanyak 6 orang siswa. Rata-rata hasil belajar Alat Ukur siswa setelah dilakukan penerapan Model Problem Based Instruction mengalami peningkatan, dimana dari siklus I nilai rata- rata hasil belajar siswa adalah 70. Pada siklus II nilai rata - rata hasil belajar Alat Ukur siswa meningkat menjadi 85,44. Maka peningkatan hasil belajar yang dicapai adalah 15,44%. Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan Model Problem Based Instruction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keaktifan belajar; Hasil belajar; Alat ukur
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:13
Last Modified: 14 Oct 2025 01:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65297

Actions (login required)

View Item
View Item