Dana, Rahmad (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Instruction Pada Mata Pelajaran Alat Ukur Kelas X TKR 2 SMK Swasta Istiqlal Deli Tua. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5123321027 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5123321027 COVER.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5123321027 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5123321027 APPROVAL SHEET.pdf
Download (606kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5123321027 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5123321027 ABSTRACT.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5123321027 PREFACE .pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5123321027 PREFACE .pdf
Download (270kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5123321027 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5123321027 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5123321027 LIST OF TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5123321027 LIST OF TABLES.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5123321027 LIST OF FIGURES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5123321027 LIST OF FIGURES.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5123321027 LIST OF APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5123321027 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5123321027 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5123321027 CHAPTER I.pdf
Download (428kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5123321027 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5123321027 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (712kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5123321027 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5123321027 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (868kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5123321027 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5123321027 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (880kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5123321027 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5123321027 CHAPTER V.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5123321027 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5123321027 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (215kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5123321027 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5123321027 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Alat Ukur Pada siswa kelas X TKR 2 di SMK Swasta Istiqlal Deli Tua dengan menerapkan Model Problem Based Instruction. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 2 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu tes hasil belajar alat ukur di uji cobakan. Hasil penelitian dengan menerapkan Model Problem Based Instruction pada siklus I aktivitas belajar siswa sedikit mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II aktivitas siswa meningkat. Dimana aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori Cukup adalah sebanyak 23 orang siswa, kategori Tinggi adalah sebanyak 5 orang siswa, kategori Kurang adalah sebanyak 1 orang siswa, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu untuk kategori Tinggi adalah sebanyak 23 orang siswa dan kategori Cukup adalah sebanyak 6 orang siswa. Rata-rata hasil belajar Alat Ukur siswa setelah dilakukan penerapan Model Problem Based Instruction mengalami peningkatan, dimana dari siklus I nilai rata- rata hasil belajar siswa adalah 70. Pada siklus II nilai rata - rata hasil belajar Alat Ukur siswa meningkat menjadi 85,44. Maka peningkatan hasil belajar yang dicapai adalah 15,44%. Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan Model Problem Based Instruction.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keaktifan belajar; Hasil belajar; Alat ukur |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 01:13 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 01:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65297 |